Ini alasan Telkom support pengembangan ratusan Startup

0 30

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Salah satu Perusahaan BUMN, telkom gencar mendukung pengembangan startup di Indonesia.

Lebih dari 20.000 anak muda dan ratusan startup tercatat telah dibina dan dinaungi oleh program inkubasi Indigo.id milik Telkom.

David Bangun, Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom mengatakan, pihaknya memiliki program seleksi, inkubasi, hingga akselerasi digital startup sejak tahun 2009.

“Sampai tahun 2017 ini, kami sudah membina 17 ribu orang lebih proses talent nurturing dan 2.000 orang lebih proses taleng selection. Dari angka itu, 98 startup masuk fase inkubasi, 17 akselerasi, dan 15 startup telah komersial penuh,” katanya dalam Indigo Day di Upper Room Annex Building, Jakarta, Kamis (14/12/2017) seperti dikutip dari detiknet.

Menurut dia, kebijakan tersebut dilakukan karena Telkom sebagai BUMN tak hanya dibebani target keuangan dan dividen. Lebih dari itu, juga harus menjadi agen pembangunan dengan menciptakan dan menumbuhkembangkan ekosistem digital di tanah air.

Karena itulah, kata David, pihaknya mengembangkan itu semua tanpa tanggung. Contoh kerjasama dengan inkubator terbaik dari Silicon Valley telah dilakukan misal dengan Y Combinator yang menjadi inkubator terdepan.

“Konsep kami adalah adanya people, planet, dan participation. Dari sisi bisnisnya, kami akan terapkan kebijakan ke startup dimulai dari nurturing, selection, upgrade, customer validation, product validation, business model validation, market validation, hingga handover,” katanya.

Cara ini memastikan bahwa Telkom bisa meraih kebutuhan bisnis sekaligus terkoneksi ekosistem sehingga bisnis perusahaan melek situasi dan terhindari disrupsi secara tiba-tiba.

“Bagi penggiat startup juga menguntungkan karena mereka bisa manfaatkan pasar Telkom Grup yang demikian besar.” sambungnya di depan ratusan penggiat startup tanah air.

Leave A Reply

Your email address will not be published.