Anies Berbagi tentang Inisiatif Jakarta di Urban 20 Summit Buenos Aires

0 10

BUENOS AIRES, MEDIAJAKARTA.COM- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi salah satu pembicara pada forum internasional Urban 20 Summit di Buenos Aires Argentina.

Hal tersebut tertulis pada laman akun “Facebook” Anies Baswedan pada Selasa (30/10).
Dalam laman akun media sosial Anies tertulis “Bila tenun sosial di ibukota terjalin erat, maka akan memperkuat tenun sosial di seluruh negara, demikian pula sebaliknya”.

Berbagi sebagai panelis dalam sesi “Social Integration and Inclusion pada Urban 20 Summit di Buenos Aires” beserta para pejabat kota dari Berlin, Madrid dan Buenos Aires. Urban20 Summit adalah pertemuan para pemimpin 25 kota utama dari negara-negara anggota G20.

Pada pertemuan tersebut, Jakarta berbagi panggung, berdiskusi, bernegosiasi dan berkolaborasi dengan kota besar negara lain seperti New York, Chicago, Buenos Aires, Montreal, Paris, Berlin, London, Roma, Barcelona, Tokyo, Seoul, Johannesburg, dan lainnya.

Momen ini menjadi kesempatan juga untuk berbagi kepada dunia tentang berbagai inisiatif Jakarta terkait inklusi dan integrasi sosial, di antaranya program “Community Action Plan” pada 16 kampung yang warganya terlibat aktif dan diberi kewenangan dalam mengambil keputusan terkait perancangan dan pengelolaan kampungnya.

Demikian pula inisiatif seperti menjadikan berbagai tempat di Jakarta, termasuk jalan utama, sebagai ruang ketiga, tempat warga berkumpul dan bersapa, menikmati seni, budaya, olahraga, dan interaksi dengan sesama.

“Ke depan, pemerintah sebuah kota tidak hanya berfungsi sebagai penyedia jasa dan warga berperan sebagai konsumen,” ujar Anies.

Namun pemerintah kota harus bergerak menjadi fasilitator dan kolaborator, sedangkan setiap elemen warga berperan sebagai partisipan dan ko-kreator dalam berbagai aspek pengelolaan kota melalui pendekatan “City 4.0”. (sa/lms/Tk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.