PT Jakarta Propertindo dan Fortum Finlandia Segera Bangun Pengelolaan Sampah ITF Sunter

0 23

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan perusahaan bergerak di bidang energi bersih dari Finlandia, Fortum akan membangun teknologi fasilitas pengelolaan sampah Intermediate Treatment Facility (ITF) di Sunter, Jakarta Utara.

“Jakpro sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta bermitra dengan Fortum, perusahaan Finlandia untuk investasi dan pembangunan,” ujar Corperate Secretary PT Jakpro, Hani Sumarno di Jakarta, Rabu.

Hani menambahkan pihaknya telah menandatangani perjanjian dengan Fortum Finlandia dan segera melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) pada Desember 2018.

Teknologi ini mendorong iklim sehat berorientasi sirkuler ekonomi karena sampah yang tidak dapat didaur ulang akan di proses di ITF sehingga menekan dampak negatif yang selama puluhan tahun terjadi akibat residu tidak dikelola.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga mempertimbangkan dampak kesehatan dari pembuatan ITF Sunter dengan menggunakan standar emisi yaitu Standar Eropa (EU Directive) sehingga tidak berdampak pada kesehatan warga.

Lahan yang sebelumnya telah digunakan Dinas Kebersihan DKI Jakarta sebagai tempat pengelolaan sampah itu kurang lebih seluas tiga hektar.

Hani belum merinci berapa total perkiraan investasi untuk membangun ITF Sunter tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Isnawa Adji mengatakan ITF yang dibuat sebagai pusat pengolahan sampah ramah lingkungan atau pabrik sampah yang mampu menghabiskan sampah dengan menggunakan pembakaran suhu tinggi.

ITF Sunter diperkirakan bisa menghasilkan listrik 35 megawatt dari pengolahan sampah sebanyak 2.200 ton per hari.

Teknologi pengelolaan sampah ITF Sunter merupakan solusi bagi DKI Jakarta dalam mengelola sampah secara mandiri setelah adanya pemberitaan miskomunikasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tentang Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang mengenai dana hibah.

Pertemuan kedua pihak akan dilanjutkan pada Kamis (25/10).(Ant/MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.