Yusuf Lakaseng : Pemerintah Pusat Harus Ambil Alih Penanganan Bencana Palu-Donggala

0 100

PALU, MEDIAJAKARTA.COM- Pemerintah Pusat harus mengambil alih penanganan bencana Palu-Donggala mengingat skala gempa dan dampak ditimbulkannya.

Seruan tersebut disampaikan  Yusuf Lakaseng mewakili masyarakat Palu, Donggala, Sigi korban bencana gempa dan tsunami kepada Mediajakarta.com (02/10/2018).

Diungkapkan, Palu-Donggala-Sigi lumpuh, hingga sekarang tidak ada jaringan komunikasi HP, listrik mati, korban belum terevakuasi dengan baik sehaingga bau busuk mayat menyengat, bantuan makanan tidak terdistribusi dengan baik dan cukup ke tenda-tenda pengungsian dan warga.

Jalanan putus di kota Palu dibiarkan tak tertangani, pemerintahan tak berfungsi sama sekali. Penjarahan sudah marak terjadi karena lambanya distribusi bantuan.

Salah satu penyebab lambannya evakuasi dan usaha menolong korban karena gempa yg sangat dahsyat dan tsunami yang menyebabkan daya rusak yg tinggi sehingga menimbulkan trauma pada seluruh masyarakat dan aparat pemerintah serta TNI/Polri.

Menurut caleg DPR-RI dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini, perlu sesegera mungkin dan sebanyak-banyaknya aparat TNI/Polri serta relawan kemanusiaan masuk ke Palu.

Aparat dan relawan yang dari luar Palu diperlukan karena mereka tidak mengalami trauma sehingga di harapkan bisa menangani tanggap darurat dengan lebih terkoordinasi dan sistematis.

Selain itu lanjut mantan Ketua Umum Partai Rakyat Demokratik (PRD) ini,Pemerintah Pusat agar segera menetapkan bencana gempa dan tsunami Palu-Donggala-Sigi, sebagai bencana nasional mengingat banyaknya korban nyawa yang mencapai ribuan, tingkat kerusakan rumah warga, bangunan pemerintah, badara yg rusak dan infrastruktur laiannya termasuk jalan yg banyak terputus dan lumpuhnya pemerintah daerah.

“Dengan demikian masa tanggap darurat tertangani dengan baik dan di teruskan dengan masa rekonstruksi,”tandasnya.(Wan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.