Tempat-tempat Liburan Di Jakarta Utara Ini, Sayang Kalau Dilewatkan

0 61

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Jakarta Utara adalah wilayah di DKI Jakarta yang istimewa karena berbatasan langsung dengan laut Jawa di bagian utaranya. Oleh karena keistimewaannya tersebut, Jakarta Utara memiliki jenis tempat wisata yang beragam jenisnya.

Selain tempat wisata sejarah, tempat wisata religi, mall, ada juga tempat wisata yang kekinian khususnya tempat wisata yang berhubungan dengan laut. Semua tempat wisata tersebut mempunyai daya tarik dan keindahan tersendiri yang membuat liburan kamu berkesan.

Agar kamu tidak bingung harus mengunjungi tempat wisata yang mana, berikut beberapa tempat wisata di Jakarta Utara yang sayang untuk dilewatkan.

Taman Impian Jaya Ancol

Pantai Ancol. Foto : William Santoso
Pantai Ancol. Foto : William Santoso

Taman Impian Jaya Ancol sudah sangat populer. Hal ini tidak mengherankan karena tempat ini merupakan tempat wisata terkenal sejak puluhan tahun lalu. Didirikan pada tahun 1966, Taman Impian Jaya Ancol atau yang biasa disebut dengan Ancol, dimaksudkan sebagai kawasan wisata terpadu di DKI Jakarta. Proyek Ancol sendiri dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan peningkatan perekonomian negara dan juga kemampuan perekonomian masyarakat.

Dengan luas sekitar 552 hektar, Ancol memiliki banyak objek wisata menarik yang sangat menggoda kamu untuk dikunjungi.

Pantai

Taman Impian Jaya Ancol sangat identik dengan pantainya yang merupakan wahana hiburan  menyegarkan di kota Jakarta dan selalu ramai dipadati pengunjung di akhir pekan dan juga di musim liburan sekolah. Ancol sendiri memiliki beberapa pantai, yaitu Pantai Festival, Pantai Marina, Pantai Lagoon, Pantai Ria dan Pantai Indah. Terdapat juga beberapa permainan wisata air yang dapat dinikmati seperti misalnya Banana Boat, Kayak, Donut Boat, Swan Pedal Boat dan Aqua Fun.

Dunia Fantasi

Terkenal dengan sebutan Dufan, wahana ini merupakan thema park pertama yang dikembangkan oleh Ancol dan juga sebagai pusat hiburan outdoor pertama di Indonesia. Sejak dibuka pertama kali pada tanggal 29 Agustus 1986, Dufan tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan pengunjung yang datang ke sini akan dimanjakan dengan Fantasi Keliling Dunia yang terbagi dalam 8 kawasan, yaitu Indonesia, Jakarta, Asia, Amerika, Eropa, Yunani, Hikayat dan Balada Kera dan kesemuanya ini disajikan melalui wahana permainan berteknologi tinggi. Selain itu dengan dibukanya Fisika Dunia Fantasi dan Pentas Prestasi menjadikan Dufan sebagai salah satu pusat edutainment yang ada di Ancol.

Atlantis Water Adventure (Atlantis)

Merupakan theme park kedua yang dimiliki Ancol yang merupakan hasil revitalisasi Taman Rekreasi Air Gelanggang Renang Ancol. Berdiri diatas lahan seluas 5 hektare, AWA menjanjikan sebuah petualangan wisata air kepada pengunjung dengan 8 kolam utama, yaitu  Antila, Poseidon, Aquarius, Atlantena, Plaza Atlas, Octopus dan Kiddy Pool.

Ocean Dream Samudra Ancol (Samudra)

Adalah theme park ketiga yang dikembangkan oleh Ancol yang bernuansa konservasi alam. Di Samudra para pengunjung akan mendapatkan pengalaman untuk mengenal lebih dekat aneka satwa, seperti paus putih, lumba-lumba dan anjing laut. Di sini terdapat juga Sinema 4D yang menyajikan tontonan tentang kehidupan di dasar laut. Keunikan dari sinema 4D ini adalah setiap pengunjung akan memakai kacamata 3 dimensi yang menjadikan gambar di depan kamu seolah-olah dapat disentuh. Belum lagi pada adegan tertentu, kursi yang kamu duduki akan bergoyang-goyang serta kamu akan merasakan semburan air atau tiupan angin sehingga kamu dapat merasakan suasana yang sebenarnya. Unik bukan?

Seaworld

Dengan luas sekitar 2 hektare, Seaworld merupakan underwater aquarium pertama dan satu-satunya di Indonesia. Di sini kamu akan menikmati pemandangan bawah laut di dalam lorong bawah air sepanjang 80m sehingga memberikan kesan seakan-akan kamu sedang berada di dasar laut.

Selain wahana-wahana tersebut di atas, Ancol masih mempunyai banyak objek wisata lain yang sama menariknya seperti Pasar Seni, Ocean Eco Park, Stasiun Gondola, Bowling, Hailai Executive Club dan wisata kuliner.

Kepulauan Seribu

Pulau Seribu
Pulau Seribu

Walaupun keberadaannya tampak terpisah dengan pulau Jawa, namun gugusan Kepulauan Seribu sebenarnya masih menjadi bagian dari wilayah Jakarta Utara yang pada tahun 2001 ditetapkan menjadi sebuah kabupaten. Kepulauan Seribu adalah gugusan kepulauan dan tepat berhadapan dengan teluk Jakarta. Meskipun bernama Kepulauan Seribu tapi bukan berarti gugusan kepulauan tersebut berjumlah seribu pulau. Kepulauan Seribu hanya memiliki sekitar 243 pulau, termasuk pulau-pulau pasir dan terumbu karang.

Ada beberapa pulau di gugusan Kepulauan Seribu yang dapat dijadikan tujuan wisata kamu dan sayang untuk dilewatkan, diantaranya: Pulau Onrust (terkenal dengan sejarahnya), Pulau Bidadari, Pulau Pari, Pulau Kahyangan, Pulau Edam atau Pulau Damar Besar (orang Jakarta biasa menyebutnya dengan Pulau Monyet), Pulau Matahari, Pulau Ayer, Pulau Rambut, Pulau Pelangi, Pulau Laki, Pulau Putri, Pulau Kotok, Pulau Pramuka dan Pulau Tidung.

Untuk mencapai Kepulauan Seribu kamu dapat memilih 4 alternatif dermaga pelabuhan laut yang tersedia : Pelabuhan Tanjung Pasir Tangerang, dermaga wisata Marina Ancol, Pelabuhan Kali Adem Jakarta dan Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta. Untuk biaya yang dikenakan dan jam-jam keberangkatan kapal tergantung  dermaga mana yang kamu pilih sedangkan untuk lamanya juga tergantung pulau mana yang kamu tuju.

Waterbom Pantai Indah Kapuk

Waterboom Pantai Indah Kapuk
Waterboom Pantai Indah Kapuk

Merupakan salah satu tempat wisata air buatan yang mengusung konsep kembali ke alam. Hal ini dibuktikan dengan adanya pohon-pohon tropis dan penataan taman yang indah di sekitar Waterbom PIK.

Waterbom PIK memiliki berbagai wahana seru yang menawarkan sensasi yang berbeda di setiap wahana dan dapat kamu coba satu persatu selama berada di dalam Waterbom PIK. Berikut wahana yang ditawarkan oleh Waterbom PIK: The Wizzard, Aquatube, Twizter, The Hairpin, Speed Slide, Wild River, 4 Kiddy Slides dan Kiddy Pool, dua yang terakhir wahana khusus untuk anak-anak.

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

 

Hutan Mangrove PIK
Hutan Mangrove PIK

Pernahkah kamu membayangkan bahwa di tengah-tengah  kota Jakarta yang padat dan sibuk terdapat suatu tempat wisata alam yang sejuk dan  asri? Jika tidak terbayangkan sama sekali,  ada baiknya kamu mengunjungi Hutan Mangrove PIK yang teralamat di Jl Garden House Rt 8 Rw1, Kamal Muara-Jakarta Utara ini.

Di sini kamu akan menemukan suasana alami dan asri yang pas untuk melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk ibukota. Dengan luas sekitar 99 hektare, pengunjung akan menikmati keindahan hutan bakau yang dijadikan konservasi ini. Pada awalnya Hutan Mangrove ini dibuat untuk menahan abrasi dari ombak laut di sekitar Pulau Jawa namun seiring perjalanan waktu pada akhirnya tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata di Jakarta Utara yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk memasuki Taman Wisata Alam Angke Kapuk, nama lain dari Hutan Mangrove PIK, cukuplah unik. Kamu akan melewati jalan yang terbuat dari kayu gelondongan dan pegangan yang sangat sederhana. Jalan ini merupakan jalur utama untuk memasuki spot yang ada di Hutan Mangrove ini. Kenakan pakaian, sepatu atau sandal yang nyaman bila mengunjungi tempat ini. Untuk kaum wanita disarankan hindari memakai rok mini, high heels atau wedges karena jalur utama ini mempunyai bentuk kayu yang renggang-renggang.

Demikian beberapa tempat wisata menarik di Jakarta Utara, semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengisi liburan kamu. Untuk informasi tempat-tempat wisata lain yang ada di Jakarta dapat kamu baca di artikel kami yang lain. (MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.