Puluhan TKA China Mendarat di Banjarmasin, Begini Kata Imigrasi

0 3.625

BANJARMASIN, MEDIAJAKARTA.COM – Puluhan Tenaga Kerja Asing (TKA) China mendarat di Bandara Samsudin Noor pada Selasa 28 Agustus 2018 lalu. Mereka datang dari Jakarta secara berombongan dengan membawa perbekalan dalam koper-koper besar dan dijemput dengan bus.

Kedatangan para TKA itu tidak terlepas dari pengawasan imigrasi setempat.

“Setelah kami telusuri dari daftar penumpang penerbangan domestik yang membawanya dan kemudian dicocokkan dengan data perlintasan internasional yang dimiliki Imigrasi, rupanya mereka itu tenaga kerja asing (TKA) China sebanyak 30 orang yang telah memiliki Visa Tinggal Terbatas (VITAS) dari Kedutaan RI di China yaitu visa untuk bekerja selama 1 tahun (B-312),” terang Dodi Karnida, Kepala Divisi Keimigrasian Kalimantan Selatan, Jumat (31/8/2018).

Menurut Dodi, para TKA yang sudah memiliki VITAS ini dipastikan minggu depan akan melapor ke Kantor Imigrasi Banjarmasin untuk mendapatkan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) setelah mereka terlebih dahulu mengisi formulir isian data, diambil foto dan sidik jarinya.

Kepala Seksi Izin Tinggal Keimigrasian Arif menerangkan bahwa  KITAS mereka akan dikeluarkan di Kanim Banjarmasin karena petugas perusahaan batubara yang berlokasi di Kabupaten  Banjar yang termasuk wilayah kerjanya sudah meminta formulir KITAS kepadanya.

“Minggu depan mereka akan datang ke Kanim dan akan kami proses,” ujarnya.

Dodi mengungkapkan, dari informasi yang ia terima, para TKA ini merupakan TKA baru, pengganti TKA lama yg sudah habis masa kontraknya dan telah pulang ke RRT.

“Mereka ini akan bekerja sebagai operator alat berat yang dioperasikan di bawah tanah yang tentu saja memiliki resiko keselamatan cukup sehingga mereka harus memiliki keahlian yang lengkap. Di Kalimantan Selatan ini, dari sekitar 20-an perusahaan yg menggunakan TKA, tidak banyak yang menggunakan TKA dalam jumlah besar puluhan sampai ratusan, yaitu hanya pabrik semen dan pertambangan batu bara saja,” ujarnya. (SD/MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.