Jokowi Terbitkan Inpres, Gempa Lombok Ditangani Secara Nasional

0 74

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Presiden Jokowi menyatakan telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) terkait penanganan secara nasional gempa Lombok, NTB.

“Inpres sudah terbit dan ditandatangan. Yang paling penting adalah penangannnya secara nasional telah kami lakukan bersama provinsi dan kabupaten,” terang Jokowi di Gedung PP Muhammadiyah, Kamis (23/8/2018).

Menurut Jokowi, Inpres ini menjadi payung hukum kementerian dan seluruh lembaga yang bekerja di lapangan dalam merehabilitasi dan merekonstruksi kawasan terdampak gempa yang berulang kali mengguncang Lombok dan sekitarnya.

Pemerintah pusat dan daerah, saat ini masih dalam proses administrasi mengurus pemberian bantuan bagi masyarakat yang rumahnya rusak berat, sedang, dan ringan.

“Kalau sudah selesai dalam jumlah banyak, saya akan balik ke Lombok. Kalau tidak minggu ini, minggu depan,” ujarnya.

Penerbitan Inpres dilakukan sebagai respon cepat pemerintah agar perbaikan bisa dilakukan dalam waktu cepat sehingga masyarakat bisa memiliki tempat tinggal kembali dan kegiatan ekonomi bisa bergerak.

“Kami harapkan keadaan Lombok bisa pulih kembali,” tandasnya.

Presiden Jokowi direncanakan akan kembali berkunjung ke Lombok, NTB dalam waktu dekat. Jokowi akan memantau langsung pembangunan rumah warga pascagempa.  (KP/MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.