Spektakuler, ASIAN Games 2018 Resmi Dibuka

0 53

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka pesta olahraga ASIAN Games 2018, yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018) malam.

“Kita patut berbangga, Indonesia kedatangan tamu-tamu istimewa dari 45 negara. Dalam Asian Games 2018, kita bangsa-bangsa se-Asia ingin menunjukkan bahwa kita bersaudara, kita bersatu, kita ingin meraih prestasi,” kata Jokowi dalam pidatonya.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Asian Games ke-18 saya nyatakan dibuka.”

Negara Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini menggantikan Vietnam. Asian Games kali ini diikuti 17 ribu atlet dari 45 negara dan akan jalannya kompetisi akan dimulai pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

Pada Asian Games 2018 kali ini, jumlah kontingen Indonesia sebanyak 1.356 orang, dengan rinci 938 atlet, 338 ofisial, dan 80 headquarter. Jumlah itu adalah yang terbesar sepanjang Indonesia mengikuti pesta olahraga Asian Games.

“Ini adalah pertaruhan nama baik bangsa Indonesia, oleh karena itu harus sukses,” ujar Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia Komisarin Jenderal Syafruddin dalam siaran pers yang diterima MediaJakarta.com, Sabtu (18/8/2018).

Spektakuler

Pembukaan Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno sangat spektakuler. Diawali dengan penampakan panggung yang menampakkan keindahan alam Indonesia, dengan pegunungan, pepohonan hijau, air terjun, dan semburat cahaya biru yang menunjukkan Nusantara sebagai negeri maritim.

Kemudian, Presiden Joko Widodo muncul di GBK, dengan cara yang tak biasa. Diawali dengan video yang menampilkan perjalanannya dari Istana Bogor hingga ke Senayan, Jokowi muncul naik moge alias motor gede di tengah teriakan heboh para pengunjung.

Belum reda kehebohan yang ditimbulkan Jokowi, muncul ribuan penari di tengah lapangan. Mereka menarikan tarian khas Aceh, Tari Saman diiringi lagu Bunga Jeumpa.

Gerak rancak dan serempak para penari memukau para pengunjung, tamu undangan, juga mereka yang menyaksikan detik-detik Pembukaan Asian Games 2018.

Para penari berada di bawah arahan koreografer senior, Denny Malik dan dibantu 50 asisten. Sebelum tampil, para penari berlatih intensif selama lima bulan.

Diperkirakan biaya operasional dan penyelengaraan mencapai Rp6,6 Triliun, sementara untuk upacara pembukaan menelan biaya Rp676,5 miliar. Sementara itu, pengeluaran infrastruktur diperkirakan mencapai Rp27 triliun untuk infrastruktur sarana, seperti renovasi stadion atau transportasi. (MJ Network)

Leave A Reply

Your email address will not be published.