Banten Lama Didorong jadi Destinasi Wisata Khas

0 35

SERANG, MEDIAJAKARTA.COM – Pemerintah Provinsi Banten terus berpacu untuk menghadirkan terobosan di sektor pariwisata. Pasalnya, potensi pariwisata di Kota Serang, Banten, sangat besar, mulai dari wisata alam, atraksi, budaya, hingga kuliner. Bahkan, beberapa destinasi sedang menjadi fokus pengembangan yang dilakukan Provinsi Banten, yaitu kawasan Banten Lama.

Banten Lama merupakan ikon Provinsi Banten menjadi perhatian lebih yang dilakukan Gubernur Banten Wahidin Halim bersama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. Bahkan, beberapa waktu lalu, Wakil Gubernur yang didampingi Asda II Ino S Rawita, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Banten M Yanuar, Wakil Wali Kota Serang Sulhi, dan Ketua Kenadziran Banten Lama Abbas Waseh menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk berkeliling mulai dari kawasan bakal plaza utama, Masjid Banten Lama, Terminal Sukadiri, hingga kanal yang mengitari kawasan wisata ziarah tersebut. Tepat di depan masjid terdapat plaza. Plaza tersebut akan dilengkapi dengan payung ala Masjid Nabawi di Madinah.

“Ini jadi fokus kita. Bagusnya, jangan cuma dua unit, saya minta minimal enam unit payung Madinah-nya untuk plaza seluas ini. Kalau dua ya sama saja bohong,” kata Andika kepada perwakilan kontraktor.

Andika mengatakan, pekerjaan tahap awal dalam revitalisasi Banten Lama itu ditargetkan akan selesai November tahun ini. Menurutnya, Gubernur Wahidin menargetkan Banten Lama yang sudah direvitalisasi tahap pertama itu akan bisa digunakan dalam upacara HUT Banten tahun ini.

“Pak Gubernur menargetkan revitalisasi kawasan Banten Lama ini selesai November tahun ini,” ujar Andika.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati pada Pelantikan Pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Serang beberapa waktu lalu mengatakan, tantangan HPI Kota Serang di antaranya melahirkan banyak kader pemandu wisata yang turut serta dalam menarik wisatawan.

Menurut Eneng, pramuwisata tidak sekadar profesi pemandu wisata semata, tapi juga turut mempromosikan potensi destinasi wisata yang ada di Kota Serang. “Ada banyak potensi wisata di Kota Serang yang dikembangkan. HPI juga punya andil dalam mempromosikannya,” katanya.

Yang jelas, sebagai kota bersejarah, Serang memiliki potensi yang luar biasa di bidang pariwisata. Terutama kawasan Banten Lama. Karena di sanalah tersimpan simbol-simbol kebesaran Provinsi Banten. Itu dibuktikan dengan adanya makam-makam Sultan Banten seperti halnya makam Sultan Maulana Hasanuddin, sultan pertama Kesultanan Banten yang juga putra dari Sunan Gunung Jati.

Di masa lalu, kawasan yang terletak di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, itu juga menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Banten. Itu yang membuat Banten memiliki potensi wisata yang sangat besar. Belum lagi di sana juga banyak peninggalan kesultanan seperti Keraton Surosowan dan Masjid Agung Banten.

Keraton Surosowan misalnya, merupakan keraton yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Maulanan Hasanuddin. Begitu juga Mesjid Agung Banten yang ada di kawasan itu merupakan mesjid tertua di Indonesia yang sarat dengan sejarah. Karena itu, mesjid yang dibangun pada 1556 oleh Sultan Maulana Hasanuddin tersebut sering didatangi pengunjung baik dari dalam kota, maupun dari daerah-daerah lainnya.

Wajar jika Pemprov Banten sangat fokus dalam pengembangan wisata religi tersebut. Sebab, peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut memang menjadi potensi wisata yang luar biasa bagi Pemprov Banten. (SD/MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.