Tanpa Demokrat, Prabowo-Sandiaga Uno Deklarasi Jadi Capres-Cawapres 2019

0 362

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Ketua Umum Partai  Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno mendeklarasikan diri jadi capres-cawapres di Pilpres 2019.

Deklarasi digelar di kediaman Prabowo, Kertanegara, Kebayoran Baru, Jaksel, Kamis (9/8/2018). Deklarasi itu dihadiri oleh Ketua PAN Zulikfli Hasan dan Presiden PKS Sohibul Iman dan Amien Rais. Sementara dari pihak Partai Demokrat tak ada yang hadir.

“Gerindra, PKS dan PAN telah memberi kepercayaan kepada saya dan Saudara Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden Republik Indonesia,” Kata Prabowo Subianto.

Terpilihnya Sandiaga Uno sebagai cawapres cukup mengejutkan karena sebelumnya nama-nama seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Salim Jufri Segaf, dan Abdul Somad lebih santer disebut-sebut sebagai calon presiden.

Sementara itu, Partai Demokrat (PD) menolak Sandiaga Uno jadi cawapres pendamping Prabowo Subianto. PD meminta Prabowo memilih Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Partai Demokrat membuka dua opsi: pertama, kembali ke komitmen/janji Prabowo yang meminta AHY cawapres karena elektabilitas tertinggi di semua lembaga survei,” kata Wasekjen PD Andi Arief kepada wartawan, Kamis (9/8/2018).

Opsi kedua, mencari figur alternatif untuk dibicarakan bersama koalisi. Figur yang dipilih harus dengan pertimbangan bisa mengalahkan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Partai Demokrat besok pagi akan menyatakan sikap terhadap kelanjutan dalam koalisi ini karena menurut aturan tidak boleh netral,” ujar pria yang menyebut Prabowo ‘jenderal kardus’ ini.

“Kami berharap dalam dua atau tiga jam terakhir Prabowo dan Demokrat ada kesepakatan. Jika tidak ada kesepakatan, kami akan tempuh jalan berbeda,” tandasnya. (DT/MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.