Layanan Publik Berbasis Mall di Jakarta Hasilkan 2 Juta Lebih Perizinan

0 25

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Salah satu terobosan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencapai Smart Government, diwujudkan melalui penyediaan layanan publik berbasis mall yang tersebar di Jakarta. Selain inovatif, layanan ini juga cukup efektif karena mempermudah warga mendapatkan pelayanan.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terbuka Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta mencatat, selama periode Januari hingga Juni 2018, ada dua juta lebih surat yang diterbitkan oleh Pemrov DKI. Dari jumnlah itu, pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Domisili masih dominan dengan mencapai angka 70%.

“PTSP Goes to Mall kami buat dengan konsep menyenangkan. Selain memberikan pelayanan, para pemohon juga dapat terhibur dengan live music. Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan kualitas pelayanan perizinan dan non perizinan kepada warga Jakarta,” terang Kepala Dinas PMPTSP DKI Jakarta, Edy Junaedi, Rabu (8/8/2016).

Menurut Edy, capaian tersebut diraih karena berbagai inovasi program dan kegigihan Dinas PMPTSP dalam menjalankan tugasnya.

Selain layanan publik berbasis mall, masih ada program lainnya yang dijalankan PTSP di antaranya : JakEVO, aplikasi yang membuat proses perizinan lebih mudah dengan layanan mobile, E-Penlok, aplikasi perizinan perikanan tangkap, AJIB atau Antar Jemput Izin Bermotor, layanan antar jemput berkas ke rumah dalam proses perizinan, ada juga melalui online.

“Untuk program PTSP Goes to Mall, memang sengaja kami buat dengan konsep menyenangkan selain memberikan pelayanan para pemohon juga dapat terhibur dengan live music atau diskusi ringan yang mengedukasi dan informatif,” tandasnya.

Oleh warga Jakarta, layanan berbasis mall ini dianggap hal baru dan efektif, salah satunya Andriyawan (45). Ia mengaku sangat terbantu dengan inovasi ini. Untuk mengurus perpanjangan SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan), ia tidak perlu lagi mendatangi Kantor Kecamatan Kelapa Gading.

“Selama di Jakarta, baru sekali ini ngurus perijinan kayak begini, membantu sekali. Biasanya saya kalau ngurus itu di Kantor Kecamatan Kelapa Gading. Bagus banget ada layanan jemput bola semacam ini,” ujarnya.

Ia berharap, layanan semacam ini terus dikembangkan dan dimasa mendatang karena banyak warga yang mendapatkan kemudahan tanpa harus bersusah payah ke kantor pemerintah. (BJ/MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.