Lomba Gebyar Budaya Betawi Digelar di Jakarta Barat

JAKARTA BARAT GELAR LOMBA BAGI BUDAYAWAN BETAWI

0 33

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat menggelar lomba Budaya Betawi yang ditujukan untuk meningkatkan semangat para pegiat budaya Betawi di Hutan Kota Srengseng, Kecamatan Kembangan.

“Ini tugas pemerintah untuk memberikan semangat bagi pegiat seni budaya betawi atau motivasi dengan menggelar lomba. Diharapkan, melalui kegiatan ini kebudayaan Betawi dikenal secara luas, tidak hanya bagi wisatawan domestik tapi juga internasional,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Barat, M Zen saat membuka acara bertajuk “Gebyar Budaya Betawi” di Jakarta Selasa.

Dalam acara “Gebyar Budaya Betawi,” berbagai lomba budaya di antaranya palang pintu, menari, lenong dan sohibul hikayat menjadi acara utamanya. Lomba yang digelar secara rutin tiap tahunnya tersebut juga merupakan bentuk implementasi Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 4 tahun 2015 perihal pelestarian budaya Betawi.

Zen mengharapkan, pelaksanaan lomba budaya Betawi di masa mendatang dapat memperlombakan seni beladiri pencak silat.

“Pencak silat Betawi di antaranya beksi, cingkrik dan sebagainya wajib dipromosikan,” paparnya.

Antusiasme para peserta juga tampak pada perlombaan tersebut. Terhitung, puluhan sanggar budaya Betawi di Jakarta Barat ikut berpartisipasi. Juga, tidak sedikit dari kalangan generasi muda yang mengikuti perlombaan budaya Betawi itu.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat Linda Enriany memaparkan lomba dalam acara Gelar Budaya Betawi akan digelar selama tiga hari ke depan.

Perlombaan diikuti sebanyak sembilan grup palang pintu, 17 grup lenong, 22 grup tari Betawi dan 13 orang peserta lomba sohibul hikayat.

Grup seni budaya yang memenangkan lomba Lenong, tari Betawi dan palang pintu akan mendapat dana pembinaan masing-masing untuk Juara I sebesar Rp10 juta, Juara II sebesar Rp8,5 juta dan Rp7 juta untuk Juara III.

“Sedangkan pemenang lomba sohibul hikayat akan menerima dana pembinaan masing-masing untuk Juara I Rp3,5 juta, Juara II sebesar Rp3 juta dan Juara III Rp2 juta,” tambahnya.

Dalam acara Gebyar Budaya Betawi yang berlangsung pada 7-9 Agustus, tidak hanya menampilkan perlombaan kesenian, namun juga diadakan pawai budaya Betawi yang dapat disaksikan oleh seluruh kalangan masyarakat. (Ant/MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.