Arkadia Perusahaan Induk Suara.com Lepas 150 Juta Saham ke Publik

0 61

JAKARTA, MEDIAJAKATA.COM- PT Arkadia Digital Media Tbk yang menaungi media online suara.com dan sejumlah startup berbasis di Jakarta dan Jogjakarta ini, akan melepas 150 juta lembar saham ke publik.

Nilai saham sebesar 54,55 persen dari modal rencananya akan ditempatkan dan disetor penuh setelah initial public offering (IPO) atau penawaran saham perdana. Dengan demikian, perseroan berpotensi mengantongi dana hasil IPO sebesar 30 miliar hingga 60 miliar rupiah.

Perseroan menawarkan harga saham IPO sebesar 200 rupiah hingga 400 rupiah per saham. Chief Executive Officer Arkadia Digital Media, William Martaputra, mengatakan dana yang diperoleh dari IPO ini akan digunakan untuk peningkatan infrastruktur dan perangkat keras, pengembangan platform, dan perangkat lunak, serta modal kerja.

“Melalui IPO ini, manajemen Arkadia Digital Media membuka kesempatan kepada publik untuk menjadi pemegang saham dan ikut berkontribusi dalam pengembangan media digital di Tanah Air,” katanya di Jakarta, Senin (6/8).

Dia menjelaskan, dana hasil IPO sekitar 25 miliar hingga 26 miliar rupiah digunakan untuk belanja antara lain sekitar 34 persen untuk infrastruktur dan hardware.

Kemudian 53 persen untuk platform dan pengembangan software, serta 13 persen untuk modal kerja. Dalam rangka IPO ini, perseroan telah menunjuk PT Danatama Makmur sebagai lead underwriter atau penjamin pelaksana emisi efek.

IPO tersebut akan dilakukan pada 21-24 Agustus 2018 sedangkan pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) 29 Agustus 2018. PT Arkadia Digital Media Tbk memiliki tiga anak perusahaan yaitu yaitu PT Arkadia Media Nusantara (AMN), PT Mata Media Nusantara (MMN), dan PT Integra Archipelago Media (IAM).

AMN adalah pengelola dari portal Suara.com yang saat ini tengah tumbuh pesat berdasarkan peringkat Alexa serta verifikasi Dewan Pers. Kemudian MMN mengelola MataMata.com (selebritas dan hiburan), BolaTimes.com, dan HiTekno.com.

Sementara itu, IAM memperkenalkan beberapa lini media baru, di antaranya adalah DewiKu.com yang berfokus pada perempuan, situs kabar otomotif MobiMoto.com, GuideKu.com untuk traveling, dan HiMedik.com yang menyajikan kabar kesehatan. Saat ini media-media tersebut masih di tahap beta dan ditargetkan beroperasi optimal dalam satu sampai dua bulan ke depan.

Media-media baru tersebut diarahkan bersinergi dengan Suara.com yang sudah lebih dulu populer. “Untuk tujuh media online, harapannya dengan didukung dengan platform yang sudah ada sebelumnya, agar biayanya (untuk pengembangan) tak terlalu signifikan,” ucap William.(Ant/KJ/MJ/BA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.