Perluas Kemitraan Bisnis, Sandi Kunjungan Kerja ke Moskow

0 12

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga lakukan kunjungan kerja ke Moskow, Rusia, pada 1-3 Agustus 2018 yang bertujuan memperluas kemitraan bisnis antara Indonesia dan Rusia serta kerjasama Sister City antara Jakarta-Moskow.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH-KLN) Muhammad Mawardi di Jakarta (2/08/2018).

Sekaligus, memenuhi undangan dari Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia Mohamad Wahid Supriyadi, guna berpartisipasi dalam Forum Bisnis Indonesia-Rusia 2018, meninjau Tim Promosi Terpadu Jakarta pada Festival Indonesia di Moskow 2018 dan Pertemuan Bilateral Sister City antara Jakarta dan Moskow.

Sandiaga dijadwalkan menjadi pembicara dalam Forum Bisnis Indonesia-Rusia, Kamis, waktu setempat.

Pada forum itu, kesempatan baik bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terus mempromosikan peluang investasi dan jalinan perdagangan antara Jakarta dan pengusaha Rusia, mempererat kerja sama dengan Moskow dan sekaligus mendukung upaya diplomasi Republik Indonesia di Federasi Rusia.

Terkait dengan Sister City antara Jakarta dan Moskow, Wagub akan melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Walikota Moskow untuk membahas perkembangan kerja sama, Jumat.

Sister City Jakarta dan Moskow sejak 2007, dengan intensitas hubungan melalui penandatanganan Program Kerja Sama tiga tahunan 2008-2011 dan 2017-2019.

Beberapa kerja sama itu antara lain kunjungan Tim Ahli Moskow bidang Preservasi dan Promosi Obyek Wisata Historis, partisipasi Tim Promosi Terpadu Jakarta pada Festival Indonesia 2017 dan 2018, serta partisipasi Tim Pelajar SMA Jakarta pada Olympiade International of Megacities/World Moscow Sciences Competition pada tahun 2016, 2017, dan 2018.

Nilai perdagangan Sandiaga juga dijadwalkan, meninjau Tim Promosi Terpadu Jakarta pada Festival Indonesia-Moskow di Krasnaya Presnya Park.

Data menunjukkan, sejak pelaksanaan Festival Indonesia di Moskow, ada pertambahan volume perdagangan Indonesia-Rusia dan peningkatan ketertarikan masyarakat kota Moskow terhadap Indonesia secara keseluruhan.

Data 2017 dari Federal Custom Service Rusia, kenaikan nilai perdagangan Indonesia-Rusia tercatat sebesar 25,2 persen dan jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia naik sebesar 3,28 persen, dibandingkan 2016.

Festival Indonesia di Moskow tersebut diikuti oleh pemerintah daerah dari seluruh Indonesia. Diadakan pada 2016, kemudian dilanjutkan pada 2017 dan masing-masing dihadiri oleh sekitar 60.000 dan 91.600 pengunjung.(Ant/MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: