Tanpa Disadari, Ternyata Google bisa Merekam Percakapan Kita dari Smartphone

0 103

JAKARTA – Apakah Anda sebelumnya sudah tahu bahwa Google bisa merekam percakapan Anda tanpa Anda sadari?

Bukan percakapan telepon, tapi percakapan di dunia nyata saat Anda dan teman Anda sedang berbincang-bincang biasa sambil menyesap kopi bersama.

Ya, percakapan yang bahkan tidak menggunakan smartphone itu saja Google bisa merekamnya diam-diam.

Jika Anda menggunakan ponsel Android, hampir bisa dipastikan Anda mengaktifkan fitur Google Assistant.

Anda tinggal mengatakan “Ok Google” dan Google Assistant akan membantu Anda selayaknya asisten pribadi. Menyenangkan, bukan?

Namun seperti dilansir dari The Sun, Google terkadang terlalu berlebihan dalam mendengarkan perintah suara Anda.

Seringkali, meski Anda tidak sedang menjalankan Google Assistant, smartphone Anda tetap merekam percakapan Anda dengan durasi 10-20 detik.

Sekali percakapan Anda direkam Google, maka data tersebut akan diunggah begitu saja ke sistem mereka. Ini artinya, percakapan Anda tak pernah sepenuhnya rahasia.

Tak hanya dalam bentuk audio, percakapan Anda yang direkam oleh Google juga diwujudkan dalam bentuk teks.

Meski begitu, raksasa teknologi dunia ini menyangkal bahwa mereka merekam tanpa izin.

Google pernah memberi pernyataan bahwa satu-satunya kesempatan mereka menggunakan mikrofon di ponsel Anda adalah saat Anda berkata “Ok Google”, dan itu bertujuan untuk membantu penggunanya.

Lalu jika benar Google merekam percakapan Anda, untuk apa data tersebut?

Google menyediakan begitu banyak layanan dan kemudahan bagi kita secara cuma-cuma. Untuk bertahan hidup, Google tentu memiliki bisnis lain.

Salah satu lini bisnis mereka adalah Google Advertisement, alias layanan pemasangan iklan melalui Google. Begitu banyak perusahaan besar yang bersedia membayar mahal demi iklan mereka bisa tersampaikan pada kita.

Untuk membuat iklan tersebut lebih efektif dan efisien, Google perlu mengetahui data-data kita, kebiasaan kita dan minat apa yang membuat kita tertarik.

Rekaman percakapan kita seringkali menunjukkan itu semua, dan Google memetakan minat tiap pengguna untuk menampilkan iklan yang paling sesuai dengan Anda.

Pernahkah Anda secara tak sengaja membicarakan tentang mesin penggiling kopi bersama teman Anda, lalu saat Anda membuka suatu aplikasi, muncul iklan mesin penggiling kopi? Pernahkah Anda berpikir bahwa itu bukan suatu kebetulan belaka? Ya, Google dan beberapa aplikasi lain mungkin memang bisa melakukan hal-hal semacam itu.

Kapan saja ponsel cerdas Anda terhubung dengan internet, Anda tak pernah benar-benar aman. (MJ Network)

Leave A Reply

Your email address will not be published.