Pulau Seribu : Sepotong Surga di Bumi

0 42

Oleh : Geisz Chalifah*

Kamis 19 Juli 2018, serombongan Aktivis Kahmi (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam) memulai program renovasi masjid dan Mushollah di Kepulauan Seribu.

Bersama Cucu Ahmad Kurnia (Kepala Suku Dinas Pariwisata Kepulauan Seribu) dan Bertho  Darmo Poedjo Darma Asmanto (Direksi Ancol), para aktivis Kahmi antara lain Hanifah Husein, Jumrana, Ajeng, Kasma, juga Husin Alatas (Yayasan Rahmatan Lil Alamin) dan Mirza (Pengelola Mall Ancol Beach City), mendatangi berbagai pulau di Kepulauan Seribu, Jakarta. Ada tujuh pulau yang disinggahi. Program ini adalah dalam rangka membantu masjid dan musholla di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Keindahan alam di Kepulauan Seribu, luar biasa indahnya. Ada Danau Asmara, ada Jembatan Cinta, dan ada banyak spot indah yang sangat layak menjadi tempat liburan keluarga.

Selain keindahan di Kepulauan Seribu, yang menarik lainnya adalah kebersihan. Tujuh pulau yan

Geisz Chalifah Budayawan

g kami kunjungi dan berisi penduduk, semua perumahan tertata dengan baik dan jalan-jalannya bersih. Warga dan petugas PPSU bersama-sama menjaga wilayahnya agar layak dihuni dan dikunjungi.

Perjalanan dari pulau ke pulau relatif pendek-pendek, tak memakan waktu yang lama. Tak heran bila dalam satu hari peninjauan masjid-masjid dan musholla di tujuh pulau di Kepualauan Seribu dapat terlaksana secara menyeluruh.

Ada keindahan yang terbentang, ada sinergi antarlembaga untuk saling bekerja sama dan para aktivis Kahmi yang memang sedang terus-menerus bergerak dalam bidang sosial.

Insha Allah program dapat terlaksana dengan baik. Dan, bagi masyarakat Indonesia terutama Jakarta, ada keindahan di Jakarta yang tak hanya dibaca dalam peta tapi layak dikunjungi dengan mudah.

Bagi warga Jakarta, keindahan alam nuansa pantai, tak hanya Bali. Tetapi ada di depan mata. Pulau Seribu : Sepotong Surga di Bumi….***

*Penulis adalah budayawan yang juga alumnus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Leave A Reply

Your email address will not be published.