iDEA : Investasi e-Commerce US$ 3 Miliar Per Tahun

0 69

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Ketua Bidang Humas Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) Rieka Handayani mengatakan, pihaknya belum mempunyai data pasti mengenai nilai investasi di sektor e-commerce dan startup. Namun, berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), nilainya sekitar US$ 3 miliar per tahun.

“Setiap tahun memang ada saja pemain baru yang masuk, baik lokal dan asing,” ujarnya seperti dikutip dari Investor Daily.

Menurut dia, pesatnya perkembangan startup dan e-commerce tidak terlepas dari pasar yang besar dan penetrasi internet yang meningkat. Selain itu, setiap tahun selalu tumbuh ide-ide asli dan kreatif yang menarik perhatian masyarakat. Ini merangsang investor lokal dan global untuk menggelontorkan dana ke beberapa startup baru.

Dukungan pemerintah dan swasta yang memberikan kanal-kanal pembangunan star tup, juga berpengaruh. Saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mempunyai program startup dan membantu dengan pendanaannya. Dia memperkirakan, sektor e-commerce dan startup menjadi sumber pertumbuhan baru bagi perekonomian Indonesia.

“Kreativitas dalam e-commerce dan startup sangat hebat dan dijalankan oleh anak muda,”tambahnya (ID/MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.