PermataBank Luncurkan Permata Youth Preneur 2018

0 104

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM– Sejalan dengan maraknya Usaha Rintisan (Startup) berbasis Financial Technology (FinTech), PermataBank melalui PermataHati CSR meluncurkan program inovatif  Permata Youth Preneur (PYP).

Program tersebut merupakan pelatihan kewirausahaan bagi generasi “Jaman Now”, khususnya siswa/i SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) selama periode tiga bulan pembelajaran.

Sebagai langkah awal, program ini akan diikuti oleh 30 siswa terpilih yang telah mengikuti proses seleksi dari lima SMK di wilayah Depok yaitu SMKN 1 Depok, SMK As Syifa, SMK Citra Negara, SMK Taruna Bakti dan SMK TI Dwiguna.

PermataBank bekerjasama dengan Keboen Coding, Hira Academy, pihak Sekolah dan mendapat dukungan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan – Kemendikbud & beberapa mitra strategis lainnya.

Program PYP dilaksanakan dalam bentuk simulasi, workshop, diskusi interaktif, pelatihan online dan offline serta pengembangan produk Financial Technology (FinTech), hingga graduation.

Para peserta program akan mendapatkan pengetahuan tentang literasi keuangan, bisnis model, teknologi digital & inspirasi startup, didampingi oleh fasilitator dan mentor handal yang akan membagi ilmu dan pengalamannya #DenganHati.

Melalui program ini para peserta diharapkan dapat mengembangkan kemampuannya menuju startup digital dan dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk tumbuh menjadi wirausahawan digital yang sukses, siap menghadapi tantangan global dan berguna bagi masyarakat.

PYP diluncurkan sebagai rangkaian Hari Pendidikan Nasional yang dihadiri oleh Julian Fong – Wakil Direktur Utama PermataBank, Richele Maramis – Head Corporate Affairs PermataBank, M. Widiyanto S.Pd – Ka Subdit Kurikulum Dit PSMK, Muhammad Assad – CEO Tamasia (FinTech Emas), Windy Hendwiananda – CoFounder Keboen Coding, Muhammad Maulana – CEO HIRA Academy, Alfa Putra Kurnia – CEO  Arkademy, guru pendamping dan fasilitator, serta 100 siswa/i SMK.

”Kami sangat senang dapat menginisiasi program pelatihan bagi anak muda melalui PermataYouthPreneur (PYP) ini. Di era digital seperti sekarang ini, usaha-usaha berbasis Financial Technology (FinTech) menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak generasi millennial. Oleh karena itu, kehadiran program ini menjadi tepat konteks dan kami harapkan dapat meningkatkan pengetahuan & keterampilan di bidang literasi keuangan, bisnis model, teknologi digital & inspirasi startup bagi para siswa/i SMK sejak dini,”kata Julian Fong, Wakil Direktur Utama PermataBank melalui keterangan tertulisnya yang diterima Mediajakarta.com (7/5/2018).

Sementara itu Richele Maramis, Head Corporate Affairs PermataBank menjelaskan, program yang dikembangkan ini memiliki rentang pengetahuan dan kegiatan yang lengkap.

Tidak hanya belajar bisnis dan coding semata, namun juga softskills sehingga hal inilah yang membedakan PermataYouthPreneur (PYP) dengan program edukasi digital lainnya.

Disamping itu, program ini dapat mempererat relasi PermataBank dengan korporasi lain yang turut berpartisipasi sehingga kesamaan visi sosial di bidang kewirausahaan ini dapat terjalin dengan lebih erat lagi”.

Sebagaimana diketahui, startup digital berkembang dengan pesat, sejalan dengan maraknya e-commerce (toko online) dan situs portal berita.

Salah satunya yang juga bergeliat dan menjadi sebuah industri baru adalah Teknologi Finansial atau biasa disebut FinTech berupa inovasi dalam hal layanan keuangan.

Saat ini, Perusahaan FinTech di Indonesia didominasi oleh perusahaan-perusahaan rintis dengan potensi besar dan berkembang di berbagai sektor seperti pembayaran (payment), peminjaman (lending), perencanaan keuangan (personal finance), investasi ritel, pembiayaan (crowdfunding), remitansi, riset keuangan dan lain-lain.

Keberadaan FinTech ini bertujuan untuk membuat masyarakat lebih mudah mengakses produk-produk keuangan, mempermudah transaksi dan juga meningkatkan literasi Keuangan tentunya. (Wan/MJ)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.