Antisipasi Arus Urbanisasi, Dukcapil Jaksel Akan Gelar Operasi Binduk

0 93

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM– Mengantisipasi urbanisasi saat arus balik mudik lebaran, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan akan menggelar operasi bina kependudukan (binduk), Rabu (9/5) mendatang.

Kegiatan tersebut digelar untuk mengimbau warga yang hendak pulang ke kampung halaman agar tak membawa sanak saudara tanpa memiliki bekal keterampilan.

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan, Abdul Haris mengatakan, saat Hari Raya Idul Fitri, banyak warga yang biasanya mudik Lebaran. Karena itu warga perlu diberikan sosialisasi agar tidak membawa sanak saudara yang tidak memiliki kemampuan ke Ibukota.

“Pekan ini, binduk kita gelar di Kecamatan Pesanggrahan,” ujarnya, Senin (7/5).

Menurut Haris, operasi binduk nantinya akan menyasar ke rumah kos, apartemen, kontrakan hingga permukiman padat penduduk lainnya.

“Kita harap mereka yang mau ke Jakarta betul-betul memiliki skill dan membawa dokumen lengkap kepindahan,” katanya.

Menurut Haris, dalam operasi binduk ini, pihaknya hanya akan memberikan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat. Rencananya binduk melibatkan 60 personel gabungan dari Suku Dinas Dukcapil, Satpol PP, TNI, Polri, kelurahan dan kecamatan.

“Sekarang sifatnya pembinaan.  Namun tetap yang tidak memiliki e-KTP akan dikenakan sanksi administratif,” tandasnya. (BJ/MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.