Ini Titik Aksi May Day di Jakarta

0 43

JAKARTA. MEDIAJAKARTA.COM- Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap tanggal 1 Mei, para pekerja memperingati Hari Buruh yang juga dikenal aksi May Day, termasuk di Jakarta.

Aksi buruh di Jakarta hari ini diperkirakan akan diikuti 25 ribu hingga 30 ribu massa dari berbagai serikat buruh. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono. Untuk itu, pihaknya akan mengerahkan sedikitnya 20 ribu personel Polda Metro Jaya dan jajaran polres dan polsek untuk mengamankan aksi peringatan May Day Jakarta.

“Dari kegiatan (aksi buruh) ini kita amankan sebanyak 20.000 personel Polri,” kata Argo Yuwono di Jakarta seperti dikutip dari Tirto.id.

Berikut ini sejumlah titik yang akan menjadi pusat aksi atau titik kumpul massa hari ini yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Istana Negara
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia dalam informasi yang beredar akan mengerahkan 150.000 orang untuk menyuarakan tuntutan para buruh di Istana Negara antara pukul 10.00-13.00 WIB.

2. Patung Kuda
Patung Arjuna Wiwaha, atau biasa disebut Patung Kuda, di Jalan Medan Merdeka Barat akan menjadi titik kumpul para demonstran KSPI sebelum bertolak ke Istana, diperkirakan sekitar pukul 10.00 WIB.

3. Istora Senayan
Massa dari KSPI juga akan mengadakan aksi deklarasi calon presiden di Istora Senayan antara pukul 13.00-17.00 WIB.

4. Bundaran HI
Beberapa organisasi buruh, mahasiswa maupun lembaga non-pemerintahan juga akan mengadakan aksi long march menuju Istana, dengan titik kumpul di Bundaran HI mulai pukul 10.00 WIB.

5. Monas
Monas tidak menjadi titik aksi demonstrasi Hari Buruh kali ini. Namun, kawasan di sekitarnya seperti Istana Negara dan Jalan Merdeka Barat akan dipadati massa.
Terkait demo buruh hari ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga mengimbau para buruh di luar Jakarta memperingati Hari Buruh Internasional 2018 atau May Day di kotanya masing-masing.

Imbauan itu ia sampaikan lantaran buruh dari kota-kota penyangga seperti Tangerang dan Bekasi biasanya juga merayakan May Day di kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

“5 wilayah kita pastikan (ada titik-titik aksi) May Day. Dan kami imbau di luar Jakarta tidak ke Jakarta. Saya imbau yg di Jakarta arahkan bahwa selebrasi May Day ini meningkat produktifitas,” ujarnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (30/4/3018).

Saat ini, kata Sandiaga, persiapan keamanan jelang aksi tersebut juga telah dilakukan oleh pihak kepolisian daerah Metro Jaya serta Satpol-PP. Menurut Sandiaga, beberapa aksi buruh di beberapa wilayah Jakarta yang dilakukan seminggu belakangan, juga berlangsung kondusif. (Tirto/MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: