Aturan Ganjil Genap kini diterapkan Tol Cikampek

0 48

BEKASI, MEDIAJAKARTA.COM- Setelah Jakarta, peraturan lalu lintas ganjil genap mulai kini diterapkan di Tol Cikampek Pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Kebijakan tersebut mulai berlaku hari ini.

Menurut penjelasan pihak PT Jasa Marga selaku Pengelola Tol Cikampek seperti dikutip dari Radio Elshinta, aturan tersebut bertujuan untuk membatasi jumlah kendaraan golongan I yang hendak melintas di Tol Cikampek arah Jakarta.

Berdasarkan informasi yang tertera di flyer Jasa Marga, aturan ini akan diberlakukan pada hari Senin-Jumat pukul 06.00-09.00 WIB. Sistem ganjil genap di Tol Cikampek hanya berlaku untuk lalu lintas arah Jakarta. Peraturan ini akan diberlakukan untuk kendaraan yang masuk dari Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur.

Penerapan ganjil-genap merupakan bagian dari upaya penanganan kepadatan kendaraan di Tol Cikampek selama masa pembangunan proyek infrastruktur strategis nasional.

Dengan berkurangnya kepadatan kendaraan, diharapkan dapat meningkatkan VC ratio dan kecepatan tempuh rata-rata di Tol Cikampek arah Jakarta.

Secara terpisah, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Bambang Prihartono seperti dikutip dari Kompas.com mengatakan, sistem ganjil genap di Tol Cikampek akan diterapkan mulai 12 Maret 2017.

Pengawasan kendaraan hanya diterapkan di pintu tol, dalam hal ini Pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Kedua pintu tol dipilih mengacu kepadatan yang sering terjadi di lokasi tersebut.

“Jadi ini bukan (penerapannya) di jalan tol, tetapi diperiksa di Pintu Tol Bekasi Barat dan Timur. Nanti pas sebelum masuk dilihat pelat nomornya. Kalau dari Karawang sudah masuk ya enggak masalah,” jelasnya (KC/MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: