Ini penampakan Mesjid Amir Hamzah dibangun kembali Gubernur Anies Baswedan

0 261

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Masjid Amir Hamzah  yang terletak Komplek Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, yang sempat dirubuhkan pada tahun 2013, era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, kini telah selesai dibangun kembali oleh Gubernur Anies Baswedan.

Masjid Amir Hamzah merupakan salah mesjid bersejarah di Jakarta yang diresmikan oleh Ali Sadikin pada tanggal 7 Januari 1977. Dalam 25 Tahun Pusat Kesenian Jakarta TIM yang diterbitkan pada 1994 dikatakan peresmian itu turut dihadiri Menteri Agama Mukti Ali, Ketua Majelis Ulama Pusat Buya Hamka, dan Ketua Dewan Dakwah Indonesia Moh. Nasir.

Posisi Masjid Amir Hamzah berdiri di antara dua gedung. Bila acuannya gedung Galeri Cipta III atau XXI TIM, posisi Masjid Amir Hamzah tepat di belakangnya. Tapi bila acuannya adalah gedung Art Cinema Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (IKJ), maka posisi Masjid Amir Hamzah tepat di depannya.

Masjid ini dinamai Amir Hamzah untuk mengenang sastrawan Indonesia yang diangkat sebagai pahlawan nasional. Masjid ini banyak digunakan oleh mahasiswa Institut Kesenian Jakarta, pengunjung Taman Ismail Marzuki dan masyarakat sekitar.

Karena letaknya yang masih di kompleks kampus Institut Kesenian Jakarta, maka mahasiswa yang beragama Islam berkumpul di masjid ini dan membentuk UKM Mimazah. Selain untuk ibadah, para mahasiswa juga memanfaatkan untuk aktivitas seni yang berhubungan dengan Agama Islam. (MJ)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: