Kesehatan menurun, BJ Habibie Dirawat di Jerman

0 73

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Kesehatan Mantan Presiden Indonesia ke 3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, dikabarkan kembali menurun, sehingga kini menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Muenchen, Jerman.

“Bapak sudah tiga hari dirawat di Muenchen, Jerman,” kata Sekretaris Pribadi Habiebie, Rubijanto, Sabtu (3/3/2018) seperti dikutip dari laman Pos Kota.

Menurut Rubijanto, Habibie mengalami gangguan kesehatan karena klep jantungnya bermasalah atau bocor sehingga butuh perawatan intensif. Dokter perlu terus mengawasi yang bersangkutan hingga kondisi kesehatannya benar-benar pulih.

Pada Kamis lalu sekitar pukul 20.00 WIB atau 14.00 waktu Muenchen dirinya sempat berkomunikasi lewat telepon dengan Presiden ke-3 tersebut. Saat itu Habiebie menurutnya mengalami kesulit bernapas sehingga langsung dilarikan ke rumah sakit.

Saat itu Habiebie mengatakan dirinya kesulitan dan sesak bernapas. Saat itu Selasa (27/2) dan rekan-rekannya langsung membawanya ke Klinik Starnberg di Muenchen.

Hasil pemeriksaan tim dokter menunjukan klep jantung Habibie mengalami kebocoran. Hal ini membuat terjadinya penumpukan air pada paru-paru sampai 1,5 liter sehingga membuat Habibie kesulitan bernapas.

Rencananya tim dokter akan melakukan pemasangan kateter guna mencari tahu kebocoran persisnya klep jantung sehingga dapat menentukan langkah pengobatan yang tepat.

Ditambahkan, pihak pemerintah Jerman sendiri akan memberikan perhatian penuh dan menawarkan apa yang dapat dibantu untuk mengembalikan kondisi kesehatan Habibie seperti semula. Segala upaya tengah dilakukan untuk mengembalikan kesehatannya. (fs/ird/pk/mj)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: