Anies : Reklamasi Teluk Jakarta harus Dihentikan

0 2.820

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kembali menegaskan sikapnya terkait Reklamasi Teluk Jakarta. Anies menyatakan tetap pada komitmennya untuk menghentikan proyek itu.

“Komitmen kami tidak berubah, jangan diragukan. Kami akan teruskan upaya mencabut Hak Guna Bangunan (HGB) Pulau D, dan menghentikan proses penerbitan HGB untuk Pulau C dan G,” tegas Anies, di Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Menurut Anies, sikap tersebut bukan semata-mata untuk memenuhi janji kampanyenya bersama Sandiaga Uno, namun untuk memberikan keadilan bagi masyarakat sekitar Teluk Jakarta.

“Saat ini kami sedang menyiapkan berbagai bukti yang bisa mendukung langkah kami. Tenang dulu, saya enggak menyalak tapi bernyali,” terangnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Raktat (DPR), Fadli Zon, menjelaskan progres dari proyek Reklamasi Teluk Jakarta dapat dipercayakan kepada Pemprov DKI.

Dia menambahkan agar Pemprov DKI harus mengikuti prosedur hukum yang berlaku.

Dengan demikian, nasib proyek reklamasi tersebut dapat ditentukan dengan cepat dan memiliki kekuatan hukum tetap.

Menurutnya, sejak dari awal proyek ini telah banyak terjadi pelanggaran secara prosedural. Dengan demikian, proses hukum menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan Pemprov DKI untuk menghentikan proyek ini bisa berjalan.

“Kalau ada pelanggaran hukum ya harus ditegakkan. Kalau saya lihat cukup banyak pelanggaran yang dilakukan dalam proses reklamasi bahkan dalam pembangunan di atasnya,” kata Fadli, Senin (19/2/2018).

Fadli menambahkan, bahwa DPR akan ikut terlibat dalam pengawasan kasus ini dengan catatan harus ada pengaduan terlebih dahulu dari konsumen yang merasa dirugikan.

“Kalau konsumen tersebut mengadukan aspirasi kepada DPR tentu kita akan ikut terlibat dalam mengawasi,” tandasnya. (MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: