Gubernur Jamin Kebutuhan Pengungsi Banjir Terpenuhi

0 59

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjamin bantuan yang disiapkan dan didistribusikan oleh Pemprov bisa memenuhi kebutuhan pengungsi korban banjir. Bantuan itu berupa kebutuhan makan dan minuman, termasuk selimut dan keperluan obat-obatan.

“Prioritas kita, memastikan seluruh pengungsi yang terdampak banjir mendapat bantuan,” ujar Anies, Rabu (7/2/2018).

Dijelaskannya, banjir kiriman yang melanda Jakarta memberikan dampak terhadap tergenangnya 140 wilayah RT dari 48 RW di Jakarta. Adapun jumlah pengungsi mencapai 6.532 jiwa.

“Pengungsi di Jakarta Selatan berjumlah 3.900 jiwa dan di Jakarta Timur mencapai 2.632 jiwa,” ungkapnya.

Anies menegaskan, dirinya fokus memantau perkembangan meningkatnya volume air Sungai Ciliwung di Pintu Air Manggarai, Jl Tambak, Menteng, Jakarta Pusat.

Untuk membantu penurunan volume air, Anies menginstruksikan agar pintu air yang mengarah ke Kali Ciliwung Lama juga dibuka.

“Alhamdulillah, upaya ini membuahkan hasil. Pada pukul 06.00 WIB ketinggian air sudah turun menjadi 895 sentimeter dan saat ini menjadi 870 sentimeter,” terangnya.

Menurutnya, seluruh jajaran terkait di Pemprov DKI terus memonitor proses surutnya volume air kiriman dari hulu. Sebanyak 11 tim telah bersiaga dan bekerja di 11 titik sepanjang aliran Sungai Ciliwung.

“Puncak banjir kiriman sudah lewat, kami akan memastikan proses penyurutannya berjalan baik. Kita monitor terus,” tandasnya.

Anies pun memetakan banjir Jakarta terbagi tiga kategori. Pertama, di hulu karena hujan lebat di hulu, kedua di kota karena hujan lebat di kota, dan ketiga karena meluapnya air laut atau rob.

Untuk solusi penyebab banjir pertama ia akan berkoordinasi dengan daerah penyangga. Sedangkan untuk solusi penyebab banjir kedua, Anies mengaku diperlukan normalisasi atau ia mengistilahkan naturalisasi sungai. Sedangkan untuk penanganan banjir Rob, Anies menyebut program tanggul laut sudah berjalan. (BJ/MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.