Walhi Jakarta : Banjir Jakarta terjadi akibat tata kelola wilayah yang tidak baik

0 168

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jakarta menilai bencana banjir yang melanda Jakarta akibat dampak kelola wilayah yang tidak baik.

“Ketika melihat kehulu-hilir banyaknya alih fungsi lahan resapan menjadi kawasan wisma, hotel, perumahan dan lain sebagainya bagaimana mungkin air bisa terserap dengan baik bila ruang-ruangnya di alih fungsikan. Akibatnya tanah permukaan tidak mampu menampung curahan air yang ada dan pohon tidak maksimal dalam fungsinya dan manfaatnya sehingga menyebabkan tanah longsor dan pohon tumbang,” kata Adrie Charviandi, Manager Advokasi dan Kampanye WALHI Jakarta kepada Mediajakarta.com (6/2/2018) melalui keterangan tertulisnya.

Selain itu lanjut Adrie, bencana banjir yang terjadi juga diperburuk dengan banyaknya limpahan – limpahan sampah akibat ulah manusia yang terbudaya buruk yang memenuhi hampir keseluruhan alur sungai. Sistem drainase yang kurang tepat juga dapat membuat buruk keadaan banyaknya drainase yang lebar dan dalam tapi tidak terkontrol dengan baik menimbulkan sumbatan – sumbatan didalamnya.

Menurut Adrie, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah perlu menata kembali tatanan kelola wilayah baik dari hulu maupun hilirnya dan pastinya diperlukan kerja sama antar pemerintahan Jakarta dan Jawa barat dalam hal ini. Masyarakat juga harus ambil andil dalam menjaga lingkungan sekitarnya.

“Tanpa adanya kerjasama dari berbagai pihak bagaimana bisa terwujud lingkungan hidup yang baik, sehat, aman dan berkelanjutan,”tandasnya (Wan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.