PDIP Dukung Program ‘Kampung Damai’ Wahid Foundation

0 37

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sepakat untuk mendukung Program ‘Desa Damai’ yang sedang dikerjakan Wahid Foundation. Untuk itu, Hasto akan mengimbau bupati dan kepala daerah, kader PDIP di berbagai daerah untuk mendukung program ini.

Hasto juga mengatakan, Wahid Foundation memiliki visi kebangsaan yang sama dengan PDIP. “Kami melihat Wahid Foundation adalah organisasi yang teguh memegang persatuan dalam kebhinnekaan sebagai konsensus ketika Indonesia didirikan,” ujar Hasto di Jakarta, Senin 5/2/2018.

Hal itu diungkapkan Hasto dalam sesi diskusi santai bersama staf dan Direktur Eksekutif di kantor Wahid Foundation di Jalan Taman Amir Hamzah No 8, Jakarta Pusat. Dalam sesi diskusi ini, Direktur Eksekutif Wahid Foundation Yenny Wahid mengajak PDIP melakukan sebuah koalisi membangun kampung damai.

“Bagus banget kalau Bupati dan Kepada Daerah, kader PDI Perjuangan bisa berkolaborasi dengan Wahid Foundation dalam program Kampung Damai,” kata Yenny.

Yenny menjelaskan hingga saat ini Wahid Foundation sedang melakukan pendampingan terhadap sekitar 30 kampung damai di seluruh Indonesia. Sebanyak sembilan di antaranya telah mendeklarasikan diri sebagai kampung yang menjunjung tinggi nilai perdamaian di antara anggota komunitasnya.

Sebagian besar, lanjut Yenny, deklarasi ini didukung oleh pejabat pemerintah daerah yang ada. “Pejabat pemerintah tingkat lokal seperti kepala desa, camat hingga bupati banyak yang mendukung deklarasi ini,” tambah Yenny.

Yenny juga menceritakan kemeriahan deklarasi Kampung Damai di kawasan yang menjadi basis konstituen PDIP di Klaten. Kolaborasi ini, menurut Yenny, dapat memperbanyak jumlah kampung damai yang sedang dirintis oleh Wahid Foundation.

Hingga saat ini, Wahid Foundation melakukan inisiasi pembangunan kampung damai di tiga provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sebanyak 30 kampung menjadi kampung binaan Wahid Foundation.

Bersama sejumlah jajaran, Hasto mengunjungi Wahid Foundation Senin siang. Rombongan PDI Perjuangan disambut hangat oleh staf Wahid Foundation. Sebelum sesi diskusi dimulai, puluhan anggota kedua lembaga menyantap soto bersama.

Berbagai topik menjadi bahan pembicaraan obrolan santai ini, mulai dari konsep kuliner nusantara, pentingnya ASI eksklusif, kesehatan ibu dan anak hingga masalah pembangunan kampung damai. (irl)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: