Wilayah Jakarta Timur Sudah Tergenang Banjir

0 641

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Banjir mulai menggenangi wilayah Kelurahan Cakung Timur, Cakung, Jakarta Timur. Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Minggu (4/2) malam hingga Senin (5/2) mengakibatkan daerah itu kebanjiran. Wilayah paling parah terjadi di permukiman wilayah RW 09 dan RW 10.

Lurah Cakung Timur, Sukarya mengungkapkan, selain mengenangi jalan, di kedua RW tersebut terdapat sekitar 100 rumah yang tergenang. Namun, terjadinya genangan ini belum sampai menyebabkan warga mengungsi.

“Ketinggian genangan banjir mencapai 70 sentimeter,” kata Sukarya, Senin (5/2/2018).

Untuk menangani terjadinya genangan ini dirinya sudah berkoordinasi dengan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur.

“Kami berharap, air yang mengenang bisa segera dilakukan penyedotan,” terangnya.

Sukarya menambahkan, untuk solusi jangka panjang dirinya sudah mengusulkan kepada Suku Dinas Sumber Daya Air untuk melakukan pembangunan embung.

“Kami mengusulkan pembebasan lahan kosong di RW 05 dan RW 12 untuk dibangun embung,” tandasnya.

Berdasarkan data BPBD DKI Jakarta, banjir sudahmerendam sedikitnya enam kelurahan dari empat kecamatan di Jakarta hari ini. Ketinggian air terpantau 10-130 cm. Ke empat kecamatan itu diantaranya Kramat Jati, Jatinegara, Makasar, dan Cakung.

Di Kecamatan Kramat Jati, banjir merendam Kelurahan Cawang dan Cililtan. Sedangkan di Kecamatan Jatinegara, kelurahan yang terendam adalah Kampung Melayu dan Bidara China. Kelurahan Cipinang Melayu menjadi satu-satunya kelurahan yang teredam banjir di Kecamatan Makasar. Sedangkan satu-satunya kelurahan yang terendam banjir di Kecamatan Cakung adalah Kelurahan Rawa Terate.

Ketinggian air terparah terpantau di Kelurahan Cawang dengan 130 cm. Sedangkan di kelurahan lainnya rata-rata 50-60 cm. (BJ/MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: