Fantastis, Unilever Bukukan Untung Rp 7 Triliun

0 36

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) berhasil membukukan laba bersih Rp 7 triliun di tahun 2017. Angka ini meningkat 9,6% dibandingkan kinerja tahun 2016. Sementara pendapatan UNVR hingga akhir 2017 hanya naik 2,9% year on year (yoy) menjadi Rp 41,2 triliun. Pada 2016 lalu, UNVR mencatat pendapatan sebesar Rp 40 triliun.

Direktur UNVR, Sancoyo Antarikso mengatakan, pertumbuhan pendapatan UNVR minim lantaran masih rendahnya konsumsi masyarakat, sehingga menekan pertumbuhan industri barang konsumsi di Indonesia.

“Hal ini menjadi tantangan bisnis kami,” terang Sancoyo melalui keterangan persnya di Jakarta, Senin (5/2/2018).

Dikatakan, meski pendapatannya tidak tumbuh tinggi, namun strategi efisiensi yang dilakukan UNVR berhasil mendongkrak laba bersih.

“Kami melakukan efisiensi pada semua lini operasi, sehingga laba bisa tumbuh secara kompetitif,” tambahnya.

Menurut analis NH Korindo, Joni Wintarja, kinerja UNVR tahun ini diprediksi bakal lebih baik karena ditopang oleh iklim bisnis yang semakin bagus. Apalagi, tingkat konsumsi masyarakat diramal akan meningkat. Adanya pilkada serentak di berbagai daerah serta persiapan pemilihan presiden di 2019 juga menjadi harapan bagi emiten sektor konsumer untuk bisa meningkatkan penjualannya.

Tidak hanya itu, naiknya tingkat kepercayaan konsumen kepada peritel juga diprediksi akan jadi sentimen positif. Alhasil, Joni memperkirakan pendapatan UNVR tahun ini mampu tumbuh sebesar 5,9%. Meski demikian, masih ada beberapa sentimen negatif yang bisa mengancam pertumbuhan kinerja UNVR. Salah satunya ialah kompetisi bisnis industri barang konsumsi jenis fast moving consumer goods (FMCG) yang semakin ketat. Ini terjadi terutama setelah banyak kompetitor dari luar negeri masuk ke bisnis barang konsumer di Indonesia. (MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: