Polisi Dalami Modus Dugaan Korupsi Reklamasi Teluk Jakarta

0 116

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Jajaran Polda Metro Jaya terus mengembangkan penyelidikan kasus dugaan korupsi proyek reklamasi Teluk Jakarta. Satu persatu, penyidik mulai memeriksa pihak-pihak yang diduga mengetahui dugaan kasus itu.

Yang terbaru, penyidik telah memeriksa Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Utara, Kasten Situmorang, terkait kasus tersebut.

“Kepolisian memeriksa dari semua segi mulai dari sertifikat Pulau C dan D, hingga penentuan NJOP. Semua kita periksa, semua kita gali dan kita dalami,” terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, Jumat (2/2/2018).

Argo mengungkapkan, Kepala BPN Jakarta Utara itu dipanggil oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya pada Rabu (30/1) lalu.

Pemeriksaan lainnya juga sudah dilakukan sebelumnya, diantaranya Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah. Dishub menjadi salah satu badan pelaksanaan dalam proyek tersebut. Penyidik juga sudah memeriksa Kepala Bidang Peraturan BPRD DKI Jakarta, Joko. Kepala Bidang Perencanaan BPRD DKI Jakarta, Yuandi. Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Pemprov DKI Jakarta, Benni Agus Candra. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprov DKI Jakarta, Edy Junaedi dan terakhir Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Andri Yansyah.

Dari pengembangan perkara kata Argo, penyidik telah meningkatkan status laporan perkara proyek pulau reklamasi dari penyelidikan ke penyidikan. Berdasarkan hasil gelar perkara, penyidik mengindikasikan proyek reklamasi Pulau C dan D terjadi penyelewengan anggaran negara.

Dugaan penyelewengan anggaran negara itu pada NJOP Pulau C dan D yang ditetapkan DPRD DKI senilai Rp 3,1 juta per meter namun realisasinya mencapai kisaran Rp25 juta per meter hingga Rp 30 juta per meter.

Terkait penetapan NJOP itu, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menduga terjadi tindak pidana korupsi pada proyek reklamasi pulau tersebut. (MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: