Bangkai Ikan Paus Raksasa Terdampar jadi Tontonan Warga

0 120

KENDARI, MEDIAJAKARTA.COM – Seekor ikan paus berukuran raksasa dengan panjang 16 meter ditemukan mati dan terdampar di pesisir pantai Desa Tompobatu, Kecamatan Kasipute, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), sekitar pukul  17.15 Wita,  Rabu  (31/1/2018). Keberadaan bangkai ikan paus ini pun segera menjadi tontonan warga.

Bangkai ikan paus ini pertama kali ditemukan oleh Amir, seorang nelayan setempat yang baru saja pulang melaut. Dari kejauhan, ia menyaksikan bangkai paus ini sedang terdampar di pesisir pantai.

“Saya tidak menduga kalau ini bangkai ikan paus. Karena penasaran, saya mendekat dan memastikan kalau ini bangkai ikan paus,” ujarnya.

Kondisi ikan paus ini sangat memprihatinkan. Dibeberapa bagian tubuhnya seperti punggung dan mulutnya, terdapat luka serius.

Sejauh ini, belum diketahui pasti penyebab kematian ikan paus ini. Pihak Balai Konservasi  Sumber  Daya  Alam (BKSDA) setempat masih menyelidiki penyebab kejadian itu.

Peristiwa ini juga kini ramai menjadi perbincangan di jagad media social, setelah foto ikan paus ini beredar luas. BMKG Kendari menduga, kematian paus ini sebagai akibat dari peristiwa Gerhana Bulan Total atau Super Blue Blood Moon yang terjadi pada malam sebelumnya.

“Kita menduga kematian paus ini sebagai akibat Gerhana Bulan Total, dimana pada saat gerhana, air laut sedang surut sehingga ikan paus ini terjebak di laut dangkal akibat terseret arus,”  kata Adi petugas BMKG. (MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.