Sayangi Bumi, Bersihkan Dari Sampah

0 46

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi sebuah dinamika di tengah masyarakat dimana upaya untuk mewujudkan lingkungan bersih sampah menjadi sebuah gerakan. Oleh karena itu, hal ini menjadi momentum bagi pemerintah untuk mewujudkan kota yang bersih dari sampah.

Melalui deklarasi “Sayangi Bumi, Bersihkan Dari Sampah”, yang dilakukan di Jakarta, Sabtu (20/1), Menteri LHK Siti Nurbaya mengajak seluruh jajaran pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan komunitas untuk bersama melakukan kebersihan sampah dengan pola tiga bulan bersih sampah.

“Pada awal tahun 2018 ini, kita dalam tiga bulan ini akan mulai tanggal 21 Januari, 21 Februari, dan 21 Maret. Kita coba serentak dalam tiga bulan untuk bersih sampah. Nanti kita liat bersama-sama, menerima hasil yang kita kerjakan, pada hari bumi tanggal 22 April,” ujar Menteri Siti Nurbaya.

Dalam kesempatan ini, hadir Walikota Banjar Masin Ibnu Sina, yang turut berbagi pengalaman mengenai penerapan larangan penggunaan kantong plastik di seluruh supermarket dan minimarket. Walikota Ibnu Sina mengungkapkan bahwa inisiatif tersebut mampu mengurangi sampah plastik hingga 10%.

Selain itu, aktivis Komunitas Divers Clean Action Indonesia, Swietenia Puspa Lestari, juga menyerukan kepedulian untuk bersih pantai dan laut. Dia mengatakan bahwa salah satu tantangan mewujudkan Indonesia bebas sampah yaitu kondisi geografis Indonesia yang berupa kepulauan. Bersama komunitasnya, dia melakukan berbagai sosialisasi dan aktivitas di sejumlah pulau kecil agar masyarakatnya mampu mengelola sampah secara mandiri.

Beberapa narasumber dari komunitas lainnya pun menyerukan hal serupa agar upaya mengurangi sampah plastik ini menjadi sebuah gerakan yang dimulai dari hal kecil seperti menghindari penggunaan kemasan makanan atau minuman berbahan plastik.

Hadir juga Jefri Nichol dari Koalisi Hutan Lestari (KHL) sebagai Duta Sahabat Anak Peduli Lingkungan, yang menyampaikan KHL bersama KLHK telah menanam 10.000 bibit mangrove secara serentak di 10 kota, pada tanggal 14 Januari lalu.

Terlepas dari berbagai upaya tersebut, mewujudkan lingkungan bersih sampah akan kembali kepada individu masing-masing, dan kesadaran diri lah yang menentukan. Oleh karena itu, Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan terima kasih atas dukungan berbagai pihak selama ini, dan berpesan agar jangan bosan mendukung bersama bersihkan bumi dari sampah.

Turut hadir pada kegiatan ini jajaran Eselon I dan II KLHK, berbagai komunitas peduli lingkungan, serta siswa dari beberapa SMA di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. (Wan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: