Menteri LHK Ajak Kids Jaman Now Peduli Sampah

0 31

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- “Sayangi Bumi Bersihkan dari Sampah”, itulah tema yang diangkat KLHK dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun ini.

Melalui kegiatan edukasi pengelolaan sampah untuk tingkat pelajar dan komunitas lingkungan, yang diselenggarakan di Jakarta (20/01/2018), KLHK mengajak para generasi muda untuk ikut peduli terhadap upaya pengelolaan sampah yang ramah lingkungan.

“Terima kasih hari ini sudah bersama-sama KLHK, dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan langkah-langkah untuk menyadarkan kawan-kawan, bahwa menangani sampah itu perlu dilakukan, karena jika tidak akan menjadi beban. Sampah ini meskipun terlihat jelek, tapi beberapa sudah dapat dimanfaatkan”, kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, mengawali sambutannya.

Siti Nurbaya juga menyampaikan kebanggaannya kepada anak-anak yang sudah melakukan gerakan membuang sampah pada tempatnya, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

“Kita akan bersama-sama membersihkan sampah dari bumi kita. Kita sayang bumi kita setuju ga?..Maka mulai besok kita bersihkan sampah ya.. “, ,ajak Siti Nurbaya dengan ramah kepada para peserta.

Dalam kegiatan ini, para pelajar memperoleh ilmu memilah dan mengolah sampah dengan ramah lingkungan, ilmu jurnalistik, serta mengikuti lomba jurnalistik dan lomba menggambar dengan tema HPSN 2018. Sebanyak 28 sekolah yang terdiri dari SD, SMP, SMA/SMK se-Jabodetabek mengikuti kegiatan ini.

Adapun pemenang lomba jurnalistik tingkat SMP berasal dari SMPN 9 Tangerang, SMPN 3 Tangerang, dan SMPN 20 Tangerang, sedangkan untuk tingkat SMA, berasal dari SMA Nasional Satu dan SMKN 57 Jakarta. Selain itu, untuk pemenang lomba menggambar tingkat SD berasa dari SDI Cikal Harapan dan SDN Sukabumi Selatan 07.

“Kita akan bersama-sama menyayangi bumi kita”, pesan Siti Nurbaya kepada para peserta.

Tidak ketinggalan, selama berlangsungnya acara, Siti Nurbaya juga menyapa seluruh peserta dan undangan, serta berfoto bersama (selfie). Salah satu pelajar SMP 1 Tangerang, Rafael, yang sempat berbincang dengan Menteri Siti Nurbaya, berkesempatan menceritakan topik tulisan yang diangkatnya yaitu, ‘Pengaruh Sampah Terhadap Lingkungan’

“Kegiatan ini cukup bagus untuk anak-anak sekarang, semoga dengan kegiatan ini, anak-anak sekarang peduli dengan kondisi sampah”, kata Ahmad Rizaldi, pemenang pertama dari SMA Nasional Satu, yang mengambil judul tulisan ‘Sayangi Bumi dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan kurangi sampah anorganik’. Sebagai ketua gerakan Green Zone di sekolahnya, Ahmad mengaku sangat menantikan kegiatan-kegiatan bidang LHK selanjutnya.

Turut memeriahkan acara ini, sebuah tampilan musik akustik kontemporer dari para seniman. Tidak ketinggalan, Menteri Siti Nurbaya juga menyumbangkan lagu favoritnya yaitu “Edelweis”, yang langsung disambut meriah oleh para peserta dan undangan.

“Semua pasti tahu bunga Edelweis kan? Bagi yang belum lihat bunga Edelweis bisa berkunjung ke Gunung Bromo, di sekitarnya ada banyak bunga Edelweis. Yuk kita sama-sama kunjungi taman nasional di Indonesia,” ajak Siti Nurbaya, disambut tepuk tangan meriah para hadirin.

Selain kegiatan edukasi, pada hari yang sama di malam hari, dilanjutkan dengan kegiatan Dialog Publik Pengelolaan Sampah dan pembacaan Deklarasi “Sayangi Bumi Bersihkan dari Sampah” oleh Menteri LHK Siti Nurbaya. (Wan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.