DPR dorong RUU Kewirausahaan Nasional

0 47

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Disela rapat Pansus RUU Kewirausahaan Nasional  kemarin, politisi senior asal PKS, Refrizal, menegaskan bahwa semangat hadirnya RUU Kewirausahaan Nasional adalah untuk menumbuhkan jumlah wirausaha di Indonesia berdasar atas prinsip demokrasi ekonomi.

“Jumlah pelaku usaha di Indonesia masih sedikit, padahal setiap warga Negara berhak untuk menjadi pengusaha. Untuk itu Pemerintah harus menyiapkan instrumen pendukung terkait. RUU Kewirausahaan ini diharapkan bisa memfasilitasi seluruh wirausaha pemula agar mendapatkan mindset berwirausaha yang tepat.” Ujar Anggota Pansus RUU Kewirausahaan Nasional

Dalam RUU yang terdiri dari 12 Bab dan 55 pasal ini, nantinya pemerintah diwajibkan untuk menyusun rencana induk Kewirausahaan Naisonal sehingga tidak ada lagi tumpang tindih kewenangan antar lembaga Negara.

“Selama ini terdapat kurang lebih 23 Kementerian/Lembaga yang memiliki anggaran berkaitan dengan  kewirausahaan, baik itu dalam bentuk pelatihan, pendampingan ataupun bantuan modal. Hal ini menyebabkan program yang dijalankan pemerintah menjadi kurang efektif karena saling tumpang tindih, apalagi kita tahu bersama data antar kementerian/lembaga seringkali berbeda” ujar Koordinator pengusul RUU Kewirausahaan Nasional ini.

Refrizal menjelaskan bahwa penekanan RUU ini adalah pada pembentukan jiwa dan karakter, agak berbeda dengan undang-undang tentang UMKM. Titik berat RUU Kewirausahaan ini ada pada kurikulum kewirausahaan yang akan diimplementasikan pada dunia pendidikan kita.

Selain itu, politisi yang juga merupakan koordinator pengusul RUU Kewirausahaan ini berharap agar pembahasan RUU ini dapat dilakukan dengan cepat karena Indonesia sedang menghadapi MEA.

Seperti diketahui, Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang (Pansus RUU) tentang Kewirausahaan Nasional DPR RI telah menetapkan Ketua Pansus pada Selasa (16/1/2018).

Secara musyawarah dan mufakat terpilih empat Pimpinan Pansus Kewirausahaan Nasional yakni, Andreas Eddy Susetyo yang merupakan anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan sebagai Ketua Pansus.

RUU tentang Kewirausahaan Nasional ini sejatinya telah masuk dalam Prolegnas 2016 yang merupakan carry over dari Prolegnas 2015.(Wan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: