4 Negara Siap Ramaikan 3rd Wonderful Indonesia di Batam

0 100

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Sebuah event tourims bertajuk ‘3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018’ siap digelar di Kota Batam, 27-28 Januari 2018 mendatang. Sebanyak 60 kapal jenis Yacht dari Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong akan berlayar ke Batam.

Untuk kesekian kalinya, Nongsa Point Marina & Resort Batam, kembali ditunjuk sebagai venue perlombaan layar internasional itu.

“Tahun lalu, lebih dari 300 peserta yang ikut berpartsipasi. Tahun ini kami targetkan peserta yang hadir lebih dari itu,” terang Marina Manager Nongsa Point Marina & Resort, Prakash Reddy, melelui keterangan tertulisnya kepada Mediajakarta.com, Selasa (9/1/2018).

Menurut Prakash, target itu diyakini bisa dicapai. Maklum, kualitas marinanya cukup mumpuni. Levelnya sudah internasional. Saat tiba di Batam, para yachter bisa memarkirkan kapalnya di 65 titik tempat untuk berlabuh yang terbuat dari beton mengambang.

“Termasuk dua tempat berlabuh untuk superyachts yang memiliki panjang hingga 130 kaki. Utilitas dan bahan bakar juga tersedia di marina. Hal itu untuk menambah kenyamanan dan efisiensi bagi pemilik kapal, kapten dan awak kapal,” ujarnya.

Prakash memastikan para peserta dan wisatawan bakal mendapatkan suasana yang fun. Maklum, lombanya sangat bervariasi.

“Ada perlombaan untuk yacht IRC, kapal layar, multihulls, semua ada. Bahkan stand-up paddleboard dan radio kontrol sailing juga ikut dilombakan. Tahun ini akan ada kategori tambahan yaitu Jetski Round Batam Endurance Race,” terangnya.

Yang membuat lebih menarik dan spesial, jadwal acaranya disesuaikan dengan puncak musim hujan. Bagi yachter dunia, tantangan seperti inilah yang paling dicari.

“Puncak monsun timur laut banyak diminati para yachter dunia. Akan sangat ideal untuk perlombaan kapal layar modern bertenaga mesin seperti ini,” tambahnya.

Untuk urusan perizinan kata dia, Prakash menjamin lebih simpel dan tidak ribet.

“Bea Cukai Batam siap mendukung dengan teknologi digital YachTERS (Yacht Electronic Registration System). Para yachter bisa mengurus clearence aproval time Indonesian territory (CAIT) lewat ponsel mereka,” imbuhnya.

Pelancong yang menggunakan yacht cukup melakukan pendaftaran secara online sebelum memasuki wilayah Indonesia. Data itu akan terkoneksi dengan 9 Kementerian dan Lembaga terkait, antara lain Imigrasi, Bea Cukai, Kemenhub dan Mabes TNI.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengungkapkan kebanggaannya terhadap perhelatan 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018, di Batam. Ia berharap, even race yacht ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat, terutama masyarakat Nongsa, Batam.

“Even yacht itu jangan hanya sebuah seremoni. Ini Harus diikuti dengan bisnisnya agar bisa sustainable. Mudah-mudahan setelah ini, wisata yacht di Batam makin hits di level regional ASEAN,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI. (MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: