Situs Berita Jakarta Terkini | Warna warni Jakarta

UMKM Jakarta Siap Pasok Souvenir ASIAN Games

0 59

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Momentum ASIAN Games 2018 diproyeksi akan menjadi ladang bisnis baru bagi penggiat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di  Jakarta. Pasalnya, souvenir-souvenir untuk pesta olahraga itu akan dipasok oleh para pelaku UMKM.

“Para pelaku UMKM itu nantinya akan langsung menjual produk-produknya tanpa diperantarai lagi oleh pemerintah,” terang Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta, Irwandi, di Jakarta, Jumat (5/1/2018)

Irwandi mengungkapkan, untuk penyelenggaraan ASIAN Games yang di Jakarta, pihaknya dipercayakan untuk menyiapkan marchandise. “Kami sudah putuskan untuk membawa semua UMKM dan saat ini sudah ada 250 UMKM yang sudah siap,” terangnya.

Menurut Irwandi, souvenir yang akan diproduksi oleh UMKM rata-rata yang mudah dijual seperti kaus, boneka, handuk, topi, selendang, dan lainnya. Hal itu agar memudahkan tamu mancanegara atau atlet dunia membawa pulang suvenir tersebut.

Irwandi mengungkapkan, sebelum marchandise diproduksi oleh para pelaku UMKM, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) akan membantu pelaku-pelaku UMKM melakukan kurasi, demi menjaga kwalitas souvenir.

“Kurasi akan dilakukan hingga pertengahan Januari. Nantinya, para pelaku UMKM akan memproduksi souvenir-souvenir secara bertahap,” imbuhnya.

Sesuai jadwal, Asian Games 2018 akan digelar pada Agustus 2018. Asian Games akan digelar di dua kota, yakni Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. (MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.