Polemik Tanah Abang, Begini Solusi Dirlantas Polda Metro

0 502

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra, menawarkan solusi kongkrit untuk mencegah kemacetan lalulintas di Tanah Abang. Solusi itu ia kemukakan saat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) bertajuk ‘Penataan lalu lintas dan kawasan Stasiun Tanah Abang’ yang berlangsung di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (4/1/2018)

Menurut Halim, ada dua hal yang paling krusial bisa dibenahi. Pertama, soal PKL. Sebaiknya kata dia, para PKL harus didata dulu secara valid. “Sebaiknya PKL ber KTP Jakarta yang izinkan berjualan dan gratis sewa tempatnya, tapi ditempatkan di suatu tempat tertentu,” jelasnya.

Selama ini kata dia, tidak semua PKL yang berjualan di pinggir jalan di sekitar Stasiun Tanah Abang merupakan warga Jakarta. Namun ada sebagian berasal dari kota lain di sekitar Jakarta yang memanfaatkan keramaian di sekitar Stasiun Tanah Abang.

Terus yang kedua lanjut Halim, penataan kembali rute angkutan umum dan memperbanyak jumlah angkutan umum yang memiliki kapasitas lebih banyak. Jika ini berjalan, besar kemungkinan pergerakan lalu lintas di sekitar Tanah Abang, khususnya di sekitar Stasiun Tanah Abang akan lebih efektif.

“Pada prinsipnya, kebijakan untuk PKL kami dukung, tetapi jangan juga melabrak aturan hukum. Ini yang perlu kita luruskan bersama. Kita ingin kebijakan Pemrov berjalan baik namun tidak mengganggu fungsi jalan raya sebagai arus lalu lintas kendaraan,” imbuhnya.

Menurut Halim, jika fungsi jalan mengalami gangguan akibat adanya alih fungsi, hal tersebut melanggar ketentuan undang-undang dan penataan tersebut termasuk menyalahi aturan.

“Fungsi jalan sangat disayangkan digunakan di luar dari pada fungsi jalan,” tandasnya. (MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.