Per Januari, Bansos Pangan Mulai Disalurkan

0 85

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Pemerintah akan segera menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) pangan diseluruh tanah air per Januari 2018. Tercatat, ada 15.498.936 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menjadi sasaran penerima.  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, mengungkapkan arahan presiden Jokowi itu di forum Rapat Koordinasi (Rakor) Bansos bersama Menteri Sosial (Mensos) di Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Menurut Tjahjo, Bansos ini terbagi dalam dua jenis. Ada Bansos Beras Sejahtera (Rastra) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Keluarga Penerima Manfaat dalam menerima Bansos beras sejahtera harus bebas dari Harga Tebus Rastra (HTR),” ujar Tjahjo.

Tjahjo mengungkapkan, penyaluran Bansos Rastra dan BPNT ini akan dilakukan secara bertahap, terhitung per Januari ini hingga Agustus mendatang. Demi kelancaran program ini, Tjahjo menekankan agar dibentuk Tim Koordinasi (Tikor) Bansos pangan di Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Keberadaan Tikor yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) untuk memastikan pelaksanaan penyaluran tepat sasaran, tepat jumlah, tepat mutu, tepat waktu, tepat harga, dan tepat administrasi (6T),” terangnya.

Tjahjo menghimbau, sebelum program ini disalurkan, maka setiap tim koordinasi harus lebih dulu mematangkan tim pendamping, data base dan  berbagai persiapan tekhnislainnya. (MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: