PKS Bermanuver, Tidak Jamin Dukung Prabowo di Pilpres 2019

0 3.594

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Peta politik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tidak bisa ditebak. Sikap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang semula diyakini akan mendukung Prabowo Subianto sebagai kandidat presiden, perlahan berubah.

“PKS belum tentu mendukung  bapak Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2019 mendatang,” terang Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, Rabu (3/1/2018).

Menurut Mardani, kemungkinan itu bisa saja terjadi karena PKS memiliki banyak stok kader potensial untuk diusung diajang Pilpres mendatang. Mardani menyebutkan, ada Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriawan (Aher) yang menjadi gubernur Jawa Barat dua periode, ada Irwan Prayitno, dan banyaklagi kader muda PKS yang saat ini menduduki posisi sebagai bupati dan walikota.

“Kader PKS banyak yang potensial dengan berbagai latar belakang bagus, hanya saja selama ini jarang terekspose di publik.

Mardani Ali Sera tidak menampik jika koalisi bersama Gerindra dan PAN diajang Pilkada 2018 ini, fokusnya untuk menatap Pemilu 2019. Dengan koalisi itu, maka PKS, PAN dan Gerindra mempunyai payung bersama di Pilkada Serentak 2018 sebagai batu loncatan untuk 2019.

“Kesepakatan ini sebagai steping stone buat 2019, peluangnya 3 partai bersama PKS, Gerindra dan PAN,” terangnya.

Meski demikian kata Mardani, PKS akan tetap menghargai jika partai koalisi lainnya mengusung Prabowo sebagai capres, sebab semua parpol punya hak untuk menyodorkan nama calon Presiden.

“Kami menghormati apapun masukan usulan dari tiap partai di 3 partai koalisi itu. Kalau usulnya Prabowo ya kita terima, karena etikanya tiap partai punya wewenang dan hak mengusulkan, tetapi bahwa PKS mengusung Prabowo, itu bukan jaminan,” tandasnya. (MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.