Waspadai Fenomena Supermoon, Catat Tanggalnya

0 2.140

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Warga di tanah air khususnya yang bermukim di wilayah garis pantai diminta untuk mewaspadai fenomena Supermoon. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, Indonesia akan mengalami tiga supermoon di bulan Januari 2018. Fenomena itu akan terjadi pada tanggal 2, 30, dan 31 Januari 2018.

“Kami menghimbau masyarakat yang berada di sekitar garis pantai untuk selalu waspada dan siaga,” demikian info BMKG dalam siaran tertulisnya, Selasa (2/1/2018).

Supermoon adalah istilah populer untuk menyebut purnama yang posisi orbit Bulan sedang berada di jarak tedekat dengan Bumi. Pada saat itu akan ada peningkatan pasang air laut maksimum yang dapat mengakibatkan terjadinya rob atau banjir karena air laut naik ke daratan.

“Kondisi tersebut diprediksikan terjadi antara 1-4 Januari 2018 dan 29 Januari–2 Februari 2018,” demikian keterangan BMKG.

Supermoon terjadi ketika bulan purnama berada pada titik orbitnya yang terdekat ke bumi, sehingga tampak sampai 30 persen lebih terang dan 14 persen lebih besar dibanding ketika bulan berada pada titik terjauh dalam orbitnya.

Para ilmuwan mengatakan, waktu terbaik untuk melihat supermoon adalah ketika bulan terbit dan sebelum matahari terbit, ketika bulan tampak berada di cakrawala. Ini membuat bulan terlihat lebih besar dibanding benda-benda lain-lain yang tampak pada malam hari, seperti bangunan dan pohon-pohon.

Peneliti juga mengimbau agar pengguna sepeda motor waspada saat berkendara saat bulan purnama. Potensi kecelakaan fatal yang melibatkan sepeda motor pada malam hari disebut lebih besar terjadi saat bulan purnama.

Namun, ilmuwan belum menguak kaitan pasti antara bulan purnama dengan meningkatnya angka kecelakaan. Yang ada baru perkiraan, misalnya keberadaan rembulan yang bersinar terang mendistraksi pengendara, terutama saat Bulan muncul tiba-tiba dari balik sebuah bangunan atau bukit. Akibatnya, mereka sulit mengendalikan kecepatan kendaraan.

“Studi kami menganjurkan kehati-hatian ekstra diperlukan saat mengendarai motor di bawah bulan purnama,” kata Dr Donald Redelmeier, salah satu penulis riset dari University of Toronto, seperti dikutip dari The Guardian, 12 Desember 2017 lalu. (MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.