Mudahkan Muslim Beribadah, Mushola Truck hadir di Jakarta

0 161

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Pengusaha Kuliner Ayam Wongsolo Group, Puspo Wardoyo, menciptakan inovasi baru untuk memudahkan warga dalam beribadah. Dia menciptakan Mushola Truck.

Puspo memodifikasi mobil truck kemudian dijadikan Mushola keliling untuk digunakan sebagai tempat ibadah Shalat di ruang terbuka atau di jalan-jalan. Mushola Truck ciptaan Puspo tersebut sudah berjalan sejak sekitar 4 bulan lalu.

“Mushola Truck ini sudah beroperasi di berbagai kota di Pulau Jawa, seperti di Depok, Jogja, Solo, dan Jakarta. Mudah-mudahan dengan banyaknya cabang-cabang musholla ini, masyarakat biar lebih gampang untuk beribadah”, kata Ramdan, penjaga Musholla Truck, saat ditemui di arena Universitas Indonesia, Selasa (2/1/2018).

Musholla Truck ini diberi nama Mushola Truck Al-Hjrah. “Mushola Truck ini siap melayani siapapun warga Jakarta yang ingin menggunakannya,” terangnya.

Menurut Ramdan, ide awal pengadaan Truck Mushola ini tak lain untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam melaksanakan ibadah Shalat.

“Tujuannya sederhana, mengajak masyarakat untuk hijrah. Kadang- ada yang lagi di jalan kelewat (waktu) shalat, atau pertandingan sepak bola di stadion ketinggala shalat, jadi kita menyiapkan fasilitas untuk mempermudah,” terangnya.

Ruangan musholla truck ini berukuran sekitar panjang 4,2 meter, lebar 2,3 meter dan tinggi sekitar 2,2 meter. Walau demikian, mushollah tersebut dapat menampung jamaah maksimal 20 orang.

“Ada empat keran ditiap sudut yang disiapkan untuk keperluan membasuh air wudhu. Tangki penyimpanan air ditaruh diatas kabin dengan kapasitas tangki 300 liter,” tambahnya.

Musholla Truck ini sendiri dibuat dengan menghabiskan biaya sekitar Rp 440 juta termasuk biaya pengadaan tempat wudhu, sound system yang berada dalam truck musholla tersebut untuk pengeras suara muadzin.

Mushola Truck ini disediakan untuk masyarakat secara gratis dan siap menerima panggilan untuk datang ke acara-acara tanpa dipungut biaya sama sekali. “Kita semuaya gratis dari perusahaan. Ini kita free buat masyarakat, tidak dipungut biaya sama sekali,” imbuhnya. (MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.