BEI Bantu Permodalan Startup

0 95

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Sejumlah lembaga mulai tertarik membantu permodalan perusahaan rintisan atau startup. Salah satunya adalah PT Bursa Efek Indonesia (BEI)

Dalam setengah tahun belakangan BEI menjalankan program inkubator yang melibatkan 42 startup.

Bahkan Direktur Utama BEI, Tito Sulistyo memperkirakan,awal tahun 2018 beberapa perusahaan potensial sudah siap melakukan Initial Public Offering (IPO) di pasar modal.

“Satu bulan ke depan sudah ada, karena sudah dibicarakan setengah tahun. Sudah setengah tahun bicara dengan mereka, insya Allah bisa langsung,” kata Tito dalam pemaparannya di BEI, Jakarta, (28/12/2017) seperti dikutip dari Inews.id

Program inkubator ini dilakukan sebagai upaya BEI untuk membantu perusahaan kecil supaya bisa listing. Sebab, perusahaan startup ini terkendala modal yang kecil karena berasal dari kalangan usia muda yang belum memiliki banyak aset.

“Modalnya kecil-kecil rata-rata Rp50-100 juta karena mereka anak muda uangnya pas-pasan,” tutur dia.

Padahal kapital terbesar perusahaan startup adalah aset program yang bersifat jangka panjang. Jika aset program ini bisa dikapitalisasi menjadi saham, maka modalnya akan banyak sehingga berpotensi menjadi perusahaan yang besar.

“Persoalannya bagaimana mereka bisa mengkapitalisasi program yang mereka bikin bisa jadi modal nah itu menunggu PSAKnya (pernyataan standar akuntansi keuangan) kalau tidak mereka akan sulit untuk IPO karena mereka modalnya kecil,”jelasnya.

Sampai saat ini dari 42 perusahaan, sudah ada lima perusahaan yang memiliki potensi untuk IPO tahun depan. Rata-rata perusahaan yang mengikuti program inkubator bergerak di bidang teknologi industri.

“Sudah 42 terdaftar saya lihat ada lima punya potensi. Macam-macam, rata-rata di bidang teknologi industri,” ucapnya.

Selain 42 perusahaan tersebut, sudah ada dua perusahaan yang sudah melantai di bursa pada tahun 2017. Namun, perusahaan tersebut sejak awal memang sudah memiliki modal yang cukup.

“Perusahaan itu sebenarnya merupakan perusahaan yang sudah jadi atau startup plus,”terangnya (IN/MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.