Situs Berita Jakarta Terkini | Warna warni Jakarta

Atasi Banjir Jakarta, Begini Solusi Para Ulama

0 11,129

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Kalangan ulama yang terhimpun dalam Forum Ulama dan Habaib (FUHAB) Jakarta, menawarkan solusi untuk mengatasi bencana banjir yang kerap melanda wilayah Jakarta. Selain penataan drainase, FUHAB menyarankan kepada Pemrov DKI agar melakukan pengerukan sungai-sungai yang mengalir di Jakarta.

Menurut  FUHAB, salah satu faktor penyebab sehingga Jakarta kerap dilanda banjir karena terjadinya pendangkalan di Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Kalau kita lihat, sungai-sungai besar yang mengalir di Jakarta sudah mengalami pendangkalan. Sama halnya sungai-sungai kecil yang mengalir disetiap pemukiman warga. Dengan kondisi ini, perlu dilakukan pengerukan. Digali ke bawah sampai ke dasar laut 10 meter,” terang ketua FUHAB Jakarta, Syukron saat berbincang dengan Wakil Gubernur, Sandiaga Uno di rumah dinasnya di kawasan Kuningan, Sabtu (30/12/2017).

Menurut Syukron, langkah ini tentu harus melalui kajian sehingga pelaksanaannya bisa lebih tepat.

“Kita menyadari, pekerjaan ini tidak mudah, sehingga butuh waktu dan pemikiran yang tepat sehingga berjalan sesuai harapan,” terangnya.

Selain soal banjir, FUHAB juga mendorong kerjasama dengan Pemprov DKI dalam hal pendidikan mental dan kerohanian melalui pengajian-pengajian, baik di perumahan, mushola hingga tempat-tempat kumuh di Jakarta.

“Melalui program ini, kita berharap bisa memberikan edukasi positif termasuk menumbuhkan budi pekerti bagi generasi muda,” imbuhnya.

Sandiaga Uno sangat merespon dan mengapresiasi pemikiran yang ditawarkan oleh para ulama.

“Saya sangat surprise mereka sudah melakukan kajian tentang solusi mengatasi banjir, kemacetan, lapangan pekerjaan bahkan termasuk soal reklamasi,” jelas Sandi.

Sandi berjanji akan mengakomodir tawaran pemikiran para ulama. “Yang disampaikan oleh para ulama kami akan tampung dan diskusikan,” imbuhnya. (MD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.