Pemrov DKI Dorong Pengembangan Urban Farming

0 117

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi program urban farming atau konsep pertanian di perkotaan yang diterapkan di Jakarta. Program yang sudah dirintis sejak 2016 lalu itu menerapkan konsep vertical farming di sejumlah pemukiman warga.

“Pemrov DKI sangat mengapresiasi program ini dan kita berkomitmen agar nantinya program ini terus berkembang. Saat ini baru 15 titik sudah berjalan dan akan kita tingkatkan di seluruh wilayah Jakarta,”  kata Wagub DKI, Sandiaga Uno, saat meresmikan Urban Farming di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (28/12/2017).

Sandi mengungkapkan, sejauh ini urban farming baru diterapkan di daerah pemukiman, namun kedepannya akan di dorong agar program ini jugaditerapkan di rumah-rumah susun, termasuk lahan tidur seperti yang ada didaerah Sudirman Thamrin.

“Konsepnya fleksibel. Bila perlu kita ciptakan vertical farming, apalagi lahan tidur  kita hijaukan, nanti kita kasih insentif,” jelasnya.

Menurut dia, selain kelestarian lingkungan dan ketersediaan lapangan kerja baru, program urban farming juga berperan untuk menciptakan stabilitas harga bahan pokok dalam pengadaan bahan pangan. Dilain pihak, program ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat dalam memanfaatkan ruang terbuka hijau.

Lebih jauh Sandi menjelaskan, program urban farming ini juga punya potensi ekonomi yang cukup menjanjikan, termasuk ekspor. Karena itu, BUMD kita dorong untuk mengakomodir produksi dari setiap urban farming yang ada. “Kita pastikan, BUMD agar membeli hasil dari setiap urban farming,” imbuhnya.

Selain BUMD kata dia, hasil pertanian warga bisa didistribusikan kepada pelaku bisnis retail seperti Carrefour, Kem Chiks, Jakgrosir, Alfamart,  Jakmart, OK-OCE mart. (MJ)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: