Situs Berita Jakarta Terkini | Warna warni Jakarta

Tim Manggala Agni Padamkan Karhutla di Hari Natal

0 24

KOLAKA, MEDIAJAKARTA.COM– Liburan panjang seiring Hari Raya Natal rupanya tidak mengurangi semangat Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) – Manggala Agni, dalam  melakukan kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), mulai dari pencegahan, pemadaman, atau pun penanganan pasca karhutla.

Meskipun sebagian besar wilayah Indonesia mengalami hujan yang cukup tinggi, namun tidak halnya dengan cuaca di wilayah Sulawesi Tenggara yang saat ini masih panas dan kering, sehingga Sabtu kemarin (23/12/2017) ditemukan kejadian karhutla di Kecamatan Tinondo, Kabupaten Kolaka Timur.

Areal terbakar sekitar 200 hektar tersebut,  diketahui berdasarkan hasil groundcheck Manggala Agni Daerah Operasional (Daops) Tinanggea, setelah terpantau adanya hotspot oleh satelit TERRA AQUA (NASA).

“Upaya pemadaman dini pun segera dilakukan oleh Manggala Agni Daops Tinanggea, bersama-sama dengan masyarakat di sekitar lokasi kebakaran”, kata Djati Witjaksono Hadi, Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK dalam keterangan rilisnya yang diterima Mediajakarta.com (26/12/2017).

Hingga Senin kemarin (25/12/2017), pemadaman lanjutan masih terus dilakukan, setelah dua hari berlangsung, untuk membersihkan sisa-sisa kebakaran. “Hal ini dikarenakan peristiwa karhutla terjadi pada areal rawa, yang terbuka dan kering, cuaca yang cukup panas, serta kecepatan angin yang tinggi, sehingga menyebabkan kebakaran cukup sulit dipadamkan”, ungkap Djati.

Sementara itu, pantauan hotspot hingga tadi malam (25/12/2017), berdasarkan satelit NOAA dan satelit TERRA AQUA (NASA) menunjukkan tidak terpantau adanya hotspot (NIHIL).

Dengan demikian, selama 1 Januari – 25 Desember 2017 berdasarkan satelit NOAA terdapat 2.579 titik, setelah tahun sebelumnya sebanyak 3.860 titik, sehingga terdapat penurunan jumlah hotspot sebanyak 1.281 titik (33,19 %). Sedangkan total 2.432 titik ditunjukkan Satelit Terra/Aqua (NASA) Conf. Level ≥80%, setelah tahun 2016 lalu menunjukkan 3.852 titik, sehingga saat ini menurun sebanyak 1.420 titik (36,86 %). (Wan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.