Giliran Lapak PKL di Jl Palmerah Dibongkar

0 14
Pembongkaran lapak PKL di sekitaran Museum Tekstil, Palmerah, Jakarta Pusat. Foto : Wartakotalive.com/Banu Adikara.

JAKARTA, MJ- Pemda DKI terus membenahi Kota Jakarta, kali ini sedikitnya 200 pedagang kaki lima (PKL) yang biasa menjajakan dagangannya di sekitar Jl Palmerah Barat dan Jl Palmerah Selatan, Tanah Abang, Jakarta Pusat ditertibkan aparat Satpol PP Jakarta Pusat. 

Penertiban terpaksa dilakukan, karena selama ini aktivitas PKL itu menimbulkan kesan kumuh, semrawut serta mengakibatkan kemacetan. 

Kasatpol PP Jakarta Pusat, Yadi Rusmayadi mengatakan, keberadaan PKL tersebut telah menghilangkan fungsi jalan bagi kendaraan maupun pejalan kaki. “Keberadaan pedagang itu telah melanggar Perda No 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum karena mereka menggelar dagangannya di badan jalan dan trotoar, untuk itu terpaksa kita tertibkan,” ujar Yadi seperti dilansir Beritajakarta.com, media resmi Pemda DKI (27/9) .

Dikatakan Yadi, dalam penertiban itu, pihaknya mengerahkan sebanyak 60 personil gabungan dari Satpol PP dan Sudin Perhubungan Jakarta Pusat, serta Sudin Kebersihan. “Masyarakat banyak yang mengeluh karena lapak-lapak pedagang kerap membuat kemacetan. Penertiban sendiri berlangsung lancar dan tertib,” katanya.


Camat Tanah Abang, Hidayatullah menambahkan, sebelum dilakukan penertiban pihaknya telah berulang kali mengimbau dan melakukan sosialisasi kepada para pedagang agar tidak lagi menggelar dagangannya di badan jalan dan trotoar.


“Kebanyakan pedagang itu adalah pedagang makanan, sayuran, dan buah-buahan, kita sudah lakukan sosialisasi sebelum diadakan penertiban,” tuturnya.


Ditambahkan Hidayatullah, pihaknya tidak hanya sekadar melakukan penertiban kepada para PKL namun juga memberikan solusi agar pedagang tetap bisa berdagang dengan menampung pedagang di Pasar Palmerah dan Pasar Pisang.


“Mereka akan dilokalisasi ke PD Pasar Jaya Palmerah yang dapat menampung 50 pedagang dan Pasar Pisang 50 pedagang yang ditempatkan di kios dan 100 pedagang lainnya akan dibuatkan lapak meja di dalam Pasar Pisang seluas 5.200 meter persegi,” tandasnya. (BJ).

Leave A Reply

Your email address will not be published.