Intip Toko Merah

0 70

Salah satu bangunan bersejarah yang menarik para pengunjung Kota Tua Jakarta adalah Bangunan bernama Toko Merah ini, terletak di kawasan Kota Tua Jakarta di jalan Kalibesar Barat, tak jauh dari Jembatan Kota Intan.
Dijuluki demikian  karena memang pernah dijadikan toko oleh warga Tionghoa pada 1851. Gedung dibangun pada 1730 oleh Baron van Imhoff,  salah satu Gubernur Jenderal di Batavia. Beberapa Gubernur Jenderal lainnya juga pernah menghuni gedung ini.

Inilah suasana bangunan Toko Merah. Foto : Indonesia-heritage.net

Kini bangunan ini dimiliki oleh Perusahaan Perdagangan Indonesia dan sudah tidak  dipergunakan lagi.

Nama Toko Merah didasarkan pada warna interior dari bangunan tersebut yang berwarna merah. Bangunan ini terdiri dari 2 (dua) gedung. Sempat beberapa kali berpindah kepemilikan antara lain : Akademi Angkatan Laut (1743-1755), Guest House para pejabat (1787-1808). Sebelum Perang Dunia II diperbaiki oleh Bank Voor Indie yang kemudian berkantor disini. Bangunan ini semula bernama Hoofd Kantoor Jacobson (P.N. Setia Negara). 

Direktori : 
Nama Bangunan Baru :Toko MerahNama Bangunan Lama :Hoofd Kantoor Jacobson (Rumah Ganda)Alamat :Jl. Kali Besar Barat No. 7 Kel. Pinangsia Kec. TamboraJakarta Barat (Jakarta 11110) Pemilik :PT. Dharma Niaga Ltd.Keterangan Ringkas :Dibangun pada tahun 1730 (abad ke 18), pernah menjadi tempat tinggal Gustaf Baron Von Imhoff (1705-1743). 

Selain itu pernah digunakan sebagai :
– Anak Gubernur Jenderal Jacob Mossel yang bernana Phillippene Theodore Mossel.- Janda Gubernur Jenderal P.A. Van der Parra.- Reynier de klerk.
Sekarang bangunan ini menjadi P.T. Dharma Niaga Ltd.Arsitektur : Perpaduan gaya Dutch Closed,Barok dan China.

Sumber : DKI Jakarta /Mondasiregar.wordpress.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.