2014, Jakarta Diprediksi Macet Total!

0 18
JAKARTA, MJ- Hampir setiap hari warga Jakarta entah yang asli tinggal di Jakarta atau yang hanya datang ke Jakarta untuk bekerja mengeluh macet. Study on Integrated Transportation Master Plan (SITRAMP) for Jabodetabek telah melaporkan gawatnya kemacetan Jakarta kepada Pemprov DKI. Bahkan diprediksi tahun depan kemacetan Jakarta mencapai puncaknya.


“Prediksi studi dari SITRAMP for Jabodetabek, yang menyatakan pada tahun 2014 akan terjadi total gridlock, yang artinya volume kendaraan di jalan raya sudah sama dengan luas jalan raya di Provinsi DKI Jakarta,” terang Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di kantor DPRD, dikutip dari Merdeka.com.
Apalagi dengan rasio luas jalan yang hanya 6 persen dari luas seluruh DKI menyebabkan tak ada jalan lain selain membangun transportasi alternatif. Pemprov pun berusaha mendorong pembangunan busway.
“Mengalihkan sebagian badan jalan untuk jalur khusus busway, merupakan upaya awal mengklaim kembali hak umum atas hak pribadi di jalan raya,” lanjut Ahok.
Tetapi rupanya busway masih kurang efektif, Pemprov pun menggiatkan pembangunan MRT sesegera mungkin.
“Selain itu pengadaan sistem MRT utamanya memberi alternatif pada pengguna kendaraan pribadi untuk dapat beralih ke transportasi publik,” tutup dia. (Merdeka.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.